Mohon tunggu...
faisal
faisal Mohon Tunggu... Guru - Guru Penggerak Angkatan 8

Cuma seorang guru biasa

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Refleksi Diri tentang Pemikiran Ki Hajar Dewantara

10 Juni 2023   00:29 Diperbarui: 10 Juni 2023   00:32 120
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Konsep pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara adalah landasan yang penting dalam pengembangan sistem pendidikan di Indonesia. Ki Hajar Dewantara, atau sebenarnya bernama Raden Mas Soewardi Soerjaningrat, adalah seorang tokoh pendidikan Indonesia yang berperan penting dalam memperjuangkan hak pendidikan bagi semua orang, terutama bagi anak-anak pribumi di era kolonial Belanda. Konsep-konsep pendidikan yang dikembangkan oleh Ki Hajar Dewantara memiliki nilai-nilai yang sangat relevan hingga saat ini, tetapi tetap memerlukan refleksi kritis agar bisa diterapkan secara efektif dan berkelanjutan.

Salah satu konsep utama dalam pemikiran Ki Hajar Dewantara adalah "tumbuh kembang" manusia. Menurutnya, pendidikan harus memperhatikan dan menghargai perkembangan alami dan potensi setiap individu. Pendidikan bukan hanya tentang memasukkan pengetahuan ke dalam pikiran siswa, tetapi juga tentang membangun karakter, kemampuan berpikir kritis, kreativitas, dan kepekaan sosial. Hal ini sangat penting dalam menghasilkan generasi yang berkualitas dan mampu menghadapi tantangan masa depan.

Namun, dalam mengimplementasikan konsep ini, masih banyak tantangan yang harus dihadapi. Salah satu tantangan utama adalah adanya kesenjangan dalam akses pendidikan di Indonesia. Meskipun Ki Hajar Dewantara berjuang untuk memperjuangkan hak pendidikan bagi semua orang, faktanya masih ada kesenjangan yang signifikan antara pendidikan di perkotaan dan pedesaan, serta antara daerah yang kaya dan miskin. Pemerataan akses pendidikan menjadi hal yang krusial agar konsep pemikiran Ki Hajar Dewantara bisa diwujudkan sepenuhnya.

Selain itu, perlu juga refleksi kritis terhadap kurikulum dan metode pengajaran yang ada. Pendidikan yang terpusat pada pengajaran berbasis hafalan dan ujian sering kali mengabaikan aspek pengembangan karakter dan keterampilan lainnya. Model pendidikan yang memfokuskan pada hasil akademik semata bisa mengabaikan perkembangan holistik peserta didik. Oleh karena itu, penting untuk mengadopsi pendekatan yang lebih holistik, yang mengintegrasikan aspek akademik, karakter, dan keterampilan, sesuai dengan konsep pemikiran Ki Hajar Dewantara.

Selain tantangan dalam implementasi, perlu juga refleksi kritis terhadap konteks sosial dan budaya yang terus berubah. Dalam era globalisasi dan perkembangan teknologi, pendidikan harus mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan tersebut. Pendidikan tidak hanya berfungsi untuk mentransfer pengetahuan, tetapi juga untuk membekali peserta didik dengan keterampilan adaptasi, pemecahan masalah, dan kemampuan berpikir kritis yang dibutuhkan dalam dunia kerja yang terus berubah.

Dalam refleksi kritis terhadap konsep pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara, penting untuk mengakui nilai-nilai yang positif yang dimilikinya, seperti pentingnya menghargai perkembangan alami individu dan membangun karakter. Namun, juga penting untuk mengakui tantangan yang ada dalam implementasi konsep ini, seperti kesenjangan akses pendidikan, model pengajaran yang terlalu akademis, dan perubahan sosial dan budaya. Dengan melakukan refleksi kritis ini, kita dapat mengembangkan dan memperbaiki sistem pendidikan kita, sehingga tetap relevan dan efektif dalam menghadapi tantangan masa depan.

Konsep pemikiran Pendidikan KI Hajar Dewantara telah menjadi sorotan yang signifikan dalam perjalanan pendidikan di Indonesia. Dalam memahami dan merenungkan konsep ini, saya merasa tertantang untuk merefleksikan harapan dan ekspektasi yang muncul setelah memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang gagasan ini.

Salah satu harapan yang timbul adalah adanya transformasi fundamental dalam sistem pendidikan kita. Pemikiran KI Hajar Dewantara menekankan pentingnya menghargai dan memuliakan setiap individu, serta memberikan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi masing-masing. Dalam idealisme ini, saya berharap bahwa sistem pendidikan kita akan bergerak dari paradigma yang terfokus pada standar dan evaluasi seragam, menuju pendekatan yang lebih inklusif dan personal. Saya berharap pendidikan akan menjadi wahana untuk mengembangkan setiap siswa sebagai individu yang unik, menghormati keberagaman, dan menanamkan nilai-nilai kemanusiaan yang kuat.

Selain itu, pemikiran KI Hajar Dewantara juga menekankan pentingnya pendidikan sebagai upaya untuk mengatasi ketidakadilan sosial. Harapan saya adalah bahwa konsep ini akan mendorong pemerintah dan pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan untuk berkomitmen secara lebih tegas dalam memberikan akses pendidikan yang setara bagi semua lapisan masyarakat, terlepas dari latar belakang sosial, ekonomi, atau etnis. Saya berharap pendidikan tidak lagi menjadi alat yang memperkuat kesenjangan sosial, tetapi menjadi jembatan yang memperluas kesempatan bagi semua individu untuk berkembang dan menggapai potensi terbaik mereka.

Selanjutnya, setelah memahami konsep pemikiran KI Hajar Dewantara, ekspektasi saya adalah adanya perubahan dalam paradigma pembelajaran. Pemikiran ini menekankan pentingnya pengalaman nyata, pembelajaran melalui tindakan, dan keterlibatan aktif siswa dalam proses pendidikan. Saya berharap pendidikan kita akan beralih dari pendekatan yang terlalu teoritis dan berpusat pada guru, menuju pembelajaran yang lebih berpusat pada siswa, interaktif, dan memungkinkan siswa untuk mengembangkan keterampilan praktis serta pemahaman konseptual yang mendalam.

Namun, dalam merefleksikan harapan dan ekspektasi ini, saya juga menyadari bahwa implementasi konsep pemikiran KI Hajar Dewantara akan menghadapi tantangan yang signifikan. Diperlukan dukungan penuh dari semua pemangku kepentingan, perubahan struktural dalam sistem pendidikan, dan investasi yang berkelanjutan. Selain itu, pendidikan bukanlah hanya tanggung jawab pemerintah dan sekolah, melainkan juga melibatkan peran aktif dari masyarakat, orang tua, dan individu itu sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun