BEST PRACTICE MENGGUNAKAN METODE STAR
(SITUASI, TANTANGAN, AKSI, REFLEKSI HASIL DAN DAMPAK)
PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MEMAHAMI ISI BERITA MENGGUNAKAN MODEL TIME QUIZ MELALUI MEDIA BERITA BERBASIS ONLINE DI SMP BEGERI 1 BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL
WIYONO, S.Pd.
Pendidikan Bahasa Indonesia
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah
Rendahnya keterampilan siswa dalam memahami isi berita dilatarbelakangi oleh beberapa hal berikut.
- Kurang maksimalnya siswa dalam membaca teks berita secara keseluruhan.
- Pengalaman membaca/literasi membaca siswa masih rendah.
- Guru masih kurang kreatif dalam menggunakan media dan model pembelajaran inovatif.
Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan
Praktik ini penting untuk dibagikan karena model dan media yang digunakan guru telah terbukti efektif meningkatkan keterampilan siswa dalam menyimak berita. Dalam praktik ini, Guru menggunakan model Time Quiz melalui media berita berbasis online karena pertimbangan berikut.
- Model Time Quiz dapat mengarahkan dan menuntun siswa untuk (1) berpikir kritis mengeksplor pengetahuanya; (2)  saling berinteraksi dan berkolaborasi menguasai materi secara berkelompok; (3) memecahkan masalah secara bersama-sama; (4) lebih aktif dalam pembelajaran; dan (5) memiliki rasa tanggung jawab dalam mengemban tugas kelompok. Selain itu, model Time Quis dapat (1) membuat pembelajaran berita menjadi lebih kondusif dan berkualitas; (2) menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan; (3) membuat siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran membaca berita; (4) mengubah pembelajaran membaca berita yang semula dirasa sulit menjadi  mudah; (5) meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami berita; dan (6) meningkatkan hasil belajar siswa melampaui KKM.
- Media berita berbasis online  lebih menarik dan memotivasi siswa untuk membaca berita. Siswa akan lebih fokus dalam membaca berita yang ia sukai. Dengan demikian, pembelajaran yang dilakukan guru akan berjalan sesuai harapan (1) target pembelajaran dapat tercapai dengan mudah; (2) proses pembelajaran berjalan efektif; (3) tujuan pembelajaran terealisasi dengan baik; dan (4) keterampilan membaca siswa mengalami peningkatan yang signifikan.