Mohon tunggu...
Wiwin Juliyanti
Wiwin Juliyanti Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Prodi S1 Manajemen UNIPMA

Hi! Salam Kenal :)

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kasus Riset Operasional: Sistem Antrian di 7-Eleven Thailand

14 September 2024   01:30 Diperbarui: 14 September 2024   01:34 90
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

 

Dosen Pembimbing              :Wiwin Juliyanti S.E., S.Pd., M.Ak

Lokasi Observasi                   : 7 -- ELEVEN

                                                       322/SOI,89 Mu Ban Yu Charoer, Din Daeng, Bangkok, Thailand

Waktu Observasi                   : 17 Juni 2024

Tim Observer                         : Ernawati (2203102161)

                                   

LATAR BELAKANG

7-Eleven adalah jaringan toko kelontong (convenience store, buka dari jam 7 malam -- 11 malam) yang kemudian dirubah menjadi buka 24 jam, asal Amerika Serikat yang sejak tahun 2005 kepemilikannya dipegang Seven & I Holdings Co., sebuah perusahaan Jepang. Pada tahun 2004, lebih dari 26.000 gerai 7-Eleven tersebar di 18 negara; antara pasar terbesarnya adalah Amerika Serikat dan Jepang. Saat ini, store ini sudah ada di berbagai belahan dunia, dan salah satunya di 7-ELEVEN di Thailad. Hingga hari ini, gerai 7-Eleven di Thailand sudah mencapai kurang lebih 6.800 gerai dan menyediakan berbagai macam jajanan enak lokal hingga luar negeri. 7-ELEVEN di Thailand menerapkan system antrian bagi pelanggan ketika melakukan pembayaran. Hal ini di karenakan, agar tidak terjadi penumpukan antrian yang panjang di meja kasir, selain itu, hal ini dimaksudkan untuk memberikan pelayanan kepada para pelanggan. Sehingga pelanggan merasa nyaman dan puas dengan pelayanan yang diberikan dan besar kemungkinan untuk lebih sering berbelanja di 7-ELEVEN Thailand. 

TUJUAN

 Menganalsis dan memaksimalkan sistem antrian di 7-ELEVEN Thailand, sehingga meminimalisir waktu tunggu pelanggan serta mampu meningkatkan efisiensi kerja di 7-ELEVEN Thailand.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun