Â
Dosen Pembimbing        :Wiwin Juliyanti S.E., S.Pd., M.Ak
Lokasi Observasi          :Samudra Supermarket Madiun, Jl. Pahlawan No.46 - 48, Pangongangan, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63121
Waktu Observasi          : 1 Mei - 31 Mei 2024
Tim Observer              : Anita Dita Cahyani
                 Â
Â
LATAR BELAKANG
Samudra Supermarket Madiun merupakan salah satu supermarket yang menyediakan aneka kebutuhan bulanan, mingguan, maupun harian dengan harga yang sangat terjangkau. Berlokasi di tengah Kota Madiun, menjadi banyak sasaran warga Madiun sekitarnya sebagai tempat untuk berbelanja penuhi berbagai kebutuhan. Selalu mengalami peningkatan jumlah customer pada hari weekend, awal bulan, dan akhir bulan. Hal ini menyebabkan antrian panjang di bagian kasir sampai di lorong area barang, sehingga membuat customer menunggu lama dan menurunkan kepuasan customer. Manajemen ingin mengoptimalkan sistem antrian di Samudra Supermarket Madiun dengan adanya pembelanjaan online by WhatsApp.
TUJUAN
Menganalisis dan mengoptimalkan sistem antrian di Samudra Supermarket Madiun untuk meminimalisir panjangnya antrian di kassa.