Dosen Pembimbing        : Wiwin Juliyanti S.E., S.Pd., M.Ak
Lokasi Observasi          : Swalayan Kaifada, Manisrejo, Kec. Taman, Kota Madiun, Jawa Timur
Waktu Observasi          : 17 Juni - 24 Juni 2024
Tim Observer       : Alifah Jihan Fitria Cahyanti
LATAR BELAKANG
Kaifada merupakan salah satu swalayan yang terletak di Manisrejo. Swalayan Kaifada menyediakan berbagai keperluan rumah tangga mulai dari bahan makanan hingga perlengkapan bayi. Dikarenakan swalayan ini menyediakan berbagai macam kebutuhan yang bisa dibilang lengkap masyarakat menjadi gemar berbenlanja diswalayan Kaifada yang mana lonjakan pembeli sewaktu waktu dapat menyebabkan antrian mengular. Demi kenyamanan dan kepuasan pelanggan, swalayan Kaifada ingin memberikan pelayanan kasir yang baik agar dapat menangani antrian mengular yang biasa terjadi.
TUJUAN
Menganalisis dan mengoptimalkan sistem antrian pada kasir swalayan kaifada untuk mengurangi waktu tunggu pembayaran dan meningkatkan efisiensi pelayanan.
DATA DAN ASUMSI
- Jumlah pelanggan per hari: 250.
- Jumlah pelanggan akhir pekan : 350
- Jumlah petugas kasir : 1
- Jumlah petugas packing : 1
- Waktu pelayanan per pelanggan: Rata-rata 3-4 menit.
- Jam operasional : 14 jam
METODOLOGI
- 1. Data waktu kedatangan dan pelayanan pelanggan selama beberapa hari pada jam-jam sibuk.
- 2. Observasi langsung terhadap proses pelayanan dan pengemasan di kasir.
- 3. Wawancara dengan staf dan pelanggan untuk memahami tantangan yang dihadapi.
HASIL YANG DIHARAPKAN