Mohon tunggu...
Wiwin Juliyanti
Wiwin Juliyanti Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Prodi S1 Manajemen UNIPMA

Hi! Salam Kenal :)

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Kasus Riset Operasional: Sistem Antrian di Manajemen Pelayanan Swalayan Kaifada

13 September 2024   15:15 Diperbarui: 13 September 2024   15:18 101
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Antrian di Kaifada (dokpri)

Dosen Pembimbing               : Wiwin Juliyanti S.E., S.Pd., M.Ak

Lokasi Observasi                   : Swalayan Kaifada, Manisrejo, Kec. Taman, Kota Madiun, Jawa Timur

Waktu Observasi                   : 17 Juni - 24 Juni 2024

Tim Observer            : Alifah Jihan Fitria Cahyanti

LATAR BELAKANG

Kaifada merupakan salah satu swalayan yang terletak di Manisrejo. Swalayan Kaifada menyediakan berbagai keperluan rumah tangga mulai dari bahan makanan hingga perlengkapan bayi. Dikarenakan swalayan ini menyediakan berbagai macam kebutuhan yang bisa dibilang lengkap masyarakat menjadi gemar berbenlanja diswalayan Kaifada yang mana lonjakan pembeli sewaktu waktu dapat menyebabkan antrian mengular. Demi kenyamanan dan kepuasan pelanggan, swalayan Kaifada ingin memberikan pelayanan kasir yang baik agar dapat menangani antrian mengular yang biasa terjadi.

TUJUAN

Menganalisis dan mengoptimalkan sistem antrian pada kasir swalayan kaifada untuk mengurangi waktu tunggu pembayaran dan meningkatkan efisiensi pelayanan.

DATA DAN ASUMSI

  1. Jumlah pelanggan per hari: 250.
  2. Jumlah pelanggan akhir pekan : 350
  3. Jumlah petugas kasir : 1
  4. Jumlah petugas packing : 1
  5. Waktu pelayanan per pelanggan: Rata-rata 3-4 menit.
  6. Jam operasional : 14 jam

METODOLOGI

  • 1. Data waktu kedatangan dan pelayanan pelanggan selama beberapa hari pada jam-jam sibuk.
  • 2. Observasi langsung terhadap proses pelayanan dan pengemasan di kasir.
  • 3. Wawancara dengan staf dan pelanggan untuk memahami tantangan yang dihadapi.

HASIL YANG DIHARAPKAN

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun