Mohon tunggu...
Wiwin Juliyanti
Wiwin Juliyanti Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Prodi S1 Manajemen UNIPMA

Hi! Salam Kenal :)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kajian Implementasi Sistem Informasi Manajemen pada Usaha Queen Salad and Fresh Food

20 Januari 2024   06:06 Diperbarui: 20 Januari 2024   06:06 876
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi Tim di Lokasi Usaha

Studi kasus ini dilakukan oleh Kelompok 7 mahasiswa semester 5 kelas A Program Studi S1 Manajemen FEB UNIPMA pada tanggal 5-7 Januari 2024. Fokus penelitian adalah implementasi Sistem Informasi Manajemen pada UMKM Queen Salad and Fresh Food di Kota Madiun. Motivasi didirikannya usaha oleh Hana Nugratmillah Murni Astuti, seorang pengusaha berusia 36 tahun, adalah kegemaran memasak dan ketertarikan pada makanan sehat.

Tujuan Penelitian

Tujuan studi kasus ini adalah memberikan gambaran komprehensif tentang bagaimana Queen Salad and Fresh Food, sebagai usaha menengah yang dikelola secara individu, mengintegrasikan mata kuliah Sistem Informasi Manajemen ke dalam operasionalnya. Laporan ini menggali detail tentang penggunaan teknologi informasi, strategi promosi, dan sistem penjualan baik di kedai maupun secara online.

Implementasi Teknologi Informasi

Gadget dan Aplikasi Internal

Queen Salad and Fresh Food menggunakan teknologi informasi berupa gadget untuk mencatat bahan makanan masuk, perlengkapan packing, dan memantau penjualan. Hal ini meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam manajemen stok.

Prakarsa dalam Promosi

Inovasi promosi melalui platform media sosial seperti Instagram, Tik Tok, Facebook, dan YouTube membantu Queen Salad and Fresh Food mencapai target pasar, khususnya kalangan anak muda. Strategi ini memberikan keunggulan dalam menghadapi persaingan pasar UMKM di Kota Madiun.

Sistem Informasi Penjualan di Kedai dan Secara Online

Flowchart Sistem Informasi di Kedai ketika penjualan offline

  • Pelanggan datang ke kedai dan menanyakan menu.
  • Pelanggan mendapatkan makanan cepat saji dan menanyakan harga produk.
  • Pembayaran dapat dilakukan tunai atau non-tunai (QRIS).
  • Pelanggan menunggu makanan di meja kosong.
  • Pemesanan dilakukan secara self-service di kedai.
  • Pelanggan memanggil makanannya dan menikmati di tempat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun