Tanggal: 11-12 Januari 2024
Kelompok 5 dari Mahasiswa Semester 5 Kelas A, Program Studi S1 Manajemen FEB UNIPMA
Dosen Pembimbing: Wiwin Juliyanti S.E., S.Pd., M.Ak
1. HASIL DAN PEMBAHASAN
1.1 SOP Pemesanan dan Distribusi Kelengkapan Operasional JNE
Dalam kegiatan studi kasus di PT. JNE Menur Surabaya, kelompok mahasiswa berhasil mendokumentasikan SOP Pemesanan dan Distribusi Kelengkapan Operasional. Kelengkapan operasional yang dapat dipesan oleh Agen/Kantor Perwakilan JNE melibatkan berbagai item seperti AWB/Cannote, plastik berlabel JNE, Form BPIK, Buku Kas, dan Label YES, SS, Fragile.
1.2 Mekanisme Pemesanan dan Distribusi
Mekanisme pemesanan dan distribusi kelengkapan operasional ini mencakup langkah-langkah yang terkoordinasi antara Agen/Kantor perwakilan, Admin Sales Retail, Departemen General Affair, dan Departemen Operasional Outbond. Proses dimulai dari pemesanan oleh Agen, konfirmasi oleh Admin Sales Retail, pendataan dan surat perintah pesan oleh Departemen General Affair, hingga distribusi oleh Departemen Operasional Outbond.
Tim kelompok menemukan bahwa pemesanan harus dilakukan paling lambat 3 hari sebelumnya, dan setiap tahap dalam mekanisme ini diawasi oleh PIC dari Sales Retail. Laporan berkala juga harus disampaikan jika dalam 3 hari kelengkapan belum diterima oleh Agen/Kantor Perwakilan.