Strategi Pemasaran Mobil Listrik di Indonesia
WIWIN SIJABAT
NPM : 2115300003
Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Pembangunan Pancabudi Medan Kelas 1 A
Email : wiwinsijabat95@gmail.com
LATAR BELAKANG
Pencemaran udara di perkotaan di Indonesia saat ini sudah menjadi permasalahan yang sangat serius dan menjadi perhatian pemerintah. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan bahan bakar minyak yang digunakan oleh kendaraan bermotor yang saat ini sangat meningkat setiap tahunnya. Penggunaan bahan bakar minyak yang tidak di kontrol akan dapat memperparah pencemaran udara yang dampaknya akan menimbulkan kerugian Kesehatan bagi masyarakat Indonesia.
Demi mengurangi pencemaran udara melalui kendaraan bermotor yang menggunakan bahan bakar minyak, Pemerintah Indonesia sangat mendorong penggunaan mobil listrik. Mobil listrik dipercaya menjadi solusi dalam mengurangi penggunaan kendaraan bermotor berbahan bakar minyak.
Mendukung program pemerintah tersebut, berbagai perusahaan otomotif berlomba-lomba memproduksi Mobil Listrik. Selain memproduksi perusahaan otomotif juga berlomba-lomba memasarkan produk mobil listrik kepada sebanyak mungkin masyarakat Indonesia. Berbagai strategi manajemen pemasaran diterapkan oleh setiap perusahan untuk memasarkan produk kepada calon konsumen.
PEMBAHASAN
Strategi Pemasaran adalah suatu upaya untuk memasarkan serta mengenalkan suatu produk maupun jasa kepada masyarakat. Pada penyusunan rencana usaha secara menyeluruh dilandasi oleh strategi pemasaran. Penetapan strategi pemasaran digunakan untuk mencapai sasaran-sasaran pemasaran. Strategi pemasaran terdiri dari pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran dari perusahaan, bauran pemasaran, dan alokasi pemasaran.