MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK DALAM MENGENAL WARNA MELALUI FINGER PAINTING PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK TIARA IBU KECAMATAN BETUNG KABUPATEN BANYUASIN
Penelitian ini dilakukan setelah melihat belum berkembangnya pengenalan warna pada anak saat proses pembelajaran.Â
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengenalan warna melalui finger painting pada anak usia 5 – 6 Tahun.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan tahapan penelitian meliputi penyusunan rencana (RPPH),pelaksanaan aksi,evaluasi,refleksi terhadap hasil akhir dari kegiatan yang telah dilaksanakan.
Penelitian ini berfokus pada anak usia 5 – 6 tahun TK TIARA IBU Kecamatan Betung yang subjek penelitian ini adalah kelompok B yang berjumlah 18 orang anak terdiri dari 10 orang perempuan dan 8 orang laki – laki.Â
Tehnik analisis data diperoleh melalui pengisian lembar penilaian yang berupa catatan dan dokumentasi.Â
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan mengenal warna melalui kegiatan finger painting di TK TIARA IBU kecamatan Betung.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpilkan bahwa melalui kegiatan finger painting dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal warna,anak – anak terlihat lebih antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan, tidak terlihat lagi anak yang merasa bosan dan tidak aktif dikelas, anak merasa senang dan tertarik dalam pembelajaran dan tentunya tujuan dalam pembelajaran dapat tercapai.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H