Mohon tunggu...
St.Wisnu Wijaya
St.Wisnu Wijaya Mohon Tunggu... Dosen - Love to learn user experience and big data to solve business and social issues.

Wisnu graduated from School of Information Systems, QUT, Australia. He has various research experience in the issues of user experience, big data conversation and learning in the digital space. He is program coordinator of in2food project funded by the European Union and Director or Research and Innovation at Universitas Prasetiya Mulya. He has served as international speaker at many reputable international and national conferences or events. He love to share and discuss about the emerging digital technologies and how business can adopt this technology for their competitive advantage.

Selanjutnya

Tutup

Gadget

4 Langkah Praktis Digital Campaign

13 April 2022   15:08 Diperbarui: 13 April 2022   15:15 150
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sampai dengan bulan Februari 2022, penggunaan media sosial di Indonesia menunjukkan pemanfaatan yang signifikan. Total pengguna media sosial adalah 191,4 juta pengguna atau 68,9 persen dari total populasi. Pengguna media sosial ini mencapai 88,5 % dari total populasi berumur diatas 13 tahun. Terjadi peningkatan sebesar 12,6 % dari tahun 2020. Di saat lain, jumlah waktu yang digunakan untuk menggunakan media sosial adalah 3 jam 17 menit atau 3 menit lebih banyak dari tahun sebelumnya. Tahun ini pun jumlah pengguna laki laki terlihat lebih banyak dari pada pengguna perempuan dengan perbandingan 46,5: 53,5.

Tentu saja angka angka diatas adalah statistic yang perlu dicermati dan direspon oleh dunia bisnis maupun pengambil kebijakan dengan baik. Jumlah yang luar bias aini menunjukkan bahwa media sosial merupakan ruang digital yang banyak diadopsi oleh masyarakat untuk menjembatani pertemuan, interaksi dan menyuarakan pendapat.

Bagi dunia bisnis, perlu memanfaatkan media sosial ini secara strategis untuk berkomunikasi dengan masyarakat dan membangun reputasi perusahaan maupun brand yang dimiliki. Bagi pengambil kebijakan, maka media sosial merupakan fasilitas yang baik untuk menyebarluaskan berbagai informasi kebijakan. Pertanyaannya, bagaimana langkah langkah dalam menjalankan kampanye digital?

Langkah 1: Listening dengan menggunakan Big Data untuk mendengarkan percakapan di media sosial

Langkah 2 A: Identifying relevant theme berdasarkan  Big Data  

Langkah 2B: Identifying stakeholder dan percakapanya  yang relevan berdasarkan Big Data.

Langkah 3: Engaging in the conversation dengan membangun percakapan dan interaksi yang purposefull

Langkah 4 :Evaluasi: gunakan Big Data untuk mengevaluasi percakapan anda.  

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun