[caption id="attachment_945" align="alignleft" width="199" caption="sedan terbaru pak beye (wisnunugroho.kompasiana.com)"][/caption] hidup kita menjadi bermakna karena tradisi yang kita hidupi setiap hari. meskipun perubahan telah banyak terjadi, banyak tradisi yang terus dijaga dan dihidupi. kita bersyukur karenanya. hidup kita menjadi berurat dan berakar.ada makna mendalam dari keseharian yang dijalani. tradisi itu berlanjut juga untuk simbol-simbol kekuasaan. dan untuk simbol kekuasaan ini, mercedes benz kebagian peran dan berkah tentunya. dalam sejarahnya, mercedes-benz pertama hadir di indonesia tahun 1894. bisa diduga, untuk tahun segitu, siapa yang bisa membeli mercedes-benz buatan jerman:susuhunan surakarta. saat itu, mercedes-benz model phaeton (200cc, satu silinder lima tenaga kuda, berkapasitas delapan orang) menghiasai keraton. tahun 1907, susuhunan surakarta kembali mendatangkan daimler-britse daimler (empat silinder dan 45 tenaga kuda). sejak saat itu tampaknya, kedudukan tinggi diidentikkan dengan mercedes-benz. kekecualian pantas diberikan untuk proklamator soekarno dan hatta. presiden dan wapres ini memilih memakai sedan bekas bahkan rampasan. hatta memakai sedan putih bekas pamannya seorang pengusaha. sedan itu diberi nomor polisi rep 2. soekarno memakai sedan merek buick buatan general motor. sedan ini dipakai soekarno setelah dirampas seorang pejuang dari penguasa jepang. nomor polisi rep 1 mengiasi sedan ini. tradisi mengidentikan kekuasaan dengan mercedes-benz dilanjutkan di istana kepresidenan di masa soeharto. tradisi itu berlanjut hingga saat ini. istana baru saja membeli mercedes-benz s class untuk presiden dan wapres. mercedes-benz ini dibeli untuk antisipasi banjir karena mercedes-benz lawas kerap mogok. mogok terakhir terjadi dalam perjalanan pak beye menuju istana, awal februari 2008. saat itu banjir menggenangi jakarta dan mengepung istana. sedan yang ditumpangi pak beye diderek menuju istana negara. ancaman banjir saat ini telah nyata di depan mata. antisipasi istana dengan sedan barunya boleh juga meskipun akan sia-sia. namun setidaknya, menikmati banjir dari dalam s class pasti terasa berbeda. "enjoy with all your senses you wan't want to get out again", begitu bunyi iklan sedan yang dibeli istana.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H