Mohon tunggu...
Wisnarti05
Wisnarti05 Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Motivasi Mengikuti Diklat Guru Melek IT

8 November 2015   21:36 Diperbarui: 8 November 2015   22:33 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Information Teknologi (IT) atau Teknologi informasi adalah teknologi yang mampu membantu manusia untuk melakukan pekerjaan mereka. Teknologi Informasi (Information Technology) merupakan dari bahasa latin ‘texere’ atau yang berarti membangun. Teknologi memiliki 2 aspek penting, yaitu hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak).

Banyak sekali manfaat dari pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Teknologi Informasi dan Komunikasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya. Beberapa penerapan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi antara lain dalam perusahaan, dunia bisnis, sektor perbankan, kesehatan dan tidak terkecuali di bidang pendidikan.

Di bidang pendidikan IT  begitu besar peran dan manfaatnya, terutama bagi guru. Dengan menggunakan IT guru bisa menyajikan pembelajaran di kelas menjadi lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa. Saya Wisnarti, guru matematika di SMK Negeri 1 Payakumbuh merasa sangat tertarik dan ingin  sekali mengetahui, mendalami dan mengusai lebih  banyak sofware - software yang dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan terutama dalam pembelajaran di kelas. Sebagaimana  kita ketahui, mata pelajaran matematika adalah mata pelajaran yang tidak disukai oleh kebanyakan siswa, bahkan ditakuti. Oleh karena itu, saya sebagai guru matematika merasa punya tanggungjawab dan kewajiban untuk menjadikan pembejaran matematika itu menjadi menarik bagi siswa. Dan, saya yakin dengan memanfaatkan kemajuan/perkembangan IT apa yang kita harapkan dapat terwujud.

Bapak Sukani yang saya kenal melalui media sosial facebook menjadi inspirasi bagi saya, beliau menawarkan Diklat Online Guru Melek IT yang beliau populerkan dengan nama DOGMIT. Saya sangat tertarik  dengan diklat yang beliau tawarkan ini, namun karena keterbatasan waktu baru di angkatan 27 saya bisa mengikuti diklat tersebut. Setelah saya mendaftar, saya diberi akun agar bisa masuk ke web Diklat Guru Melek IT. Selanjutnya saya masuk dan mengikuti diklat.

Di angkatan 27 materi diklat adalah “Whiteboard Animation dan SnagIT For Education”, diklat akan berlangsung selama 12 hari. Sampai hari ini, hari ke-5 diklat sudah banyak manfaat yang telah saya rasakan dengan mengikuti Diklat Online ini, selain sangat efisien dari segi waktu karena bisa diatur sendiri, timing belajar dan pengerjaan tugas-tugas selama Diklat berlangsung. Dengan mengikuti diklat ini saya merasa menjadi punya bekal dan inspirasi untuk melakukan Pengembangan Keprofesian Diri sesuai dengan tugas saya sebagai guru. Harapan saya, setelah mengikuti diklat ini, pembelajaran matematika yang saya sajikan di kelas akan menjadi menarik dan menyenangkan bagi siswa, inilah yang menjadi motivasi terbesar saya mengikuti DOGMIT.

Terimaksih Pak Sukani.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun