Mohon tunggu...
MARDIYAH DYAH
MARDIYAH DYAH Mohon Tunggu... -

Bangkit untuk tetap maju..dan berusaha menjadi yang terbaik!!!!

Selanjutnya

Tutup

Money

Leadership

31 Oktober 2013   13:41 Diperbarui: 24 Juni 2015   05:47 116
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Perbedaan antara Leader dengan Bos

Beberapa pencapaian yang dimiliki oleh seorang Leader dalam sebuah organisasi tidaklah mudah dan harus bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Tidak hanya itu, seorang Leader adalah sosok yang menjadi panutan, teman, dan rekan yang baik bagi bawahannya. Seorang leader yang tidak mampu membentuk suasana yang baik maka pemimpin tersebut dibilang “Gagal”.  Adapun beberapa hal yang harus dilakukan bagi setiap Leader dalam menciptakan suasana yang nyaman diantaranya :

1.  Pendekatan Kepada Karyawan

Dalam hal ini pemimpin perlu mendekatkan diri kepada karyawannya. Peran pemimpin kali ini layaknya seperti bagian personalia, tidak hanya HRD saja yang melakukan hal ini, namun pemimpin juga tidak ada salahnya untuk mengetahui beberapa masalah karyawannya dan memberikan solusi.

2.  Dengarkan Argumen Karyawannya

Seorang Pemimpin hendaklah menjadi rekan yang baik, tidak arogan, dan selalu ramah kepada karyawannya. Jika terjadi perubahan atau masalah pada Perusahaan, tidak ada salahnya jika pemimpin mendengarkan Argumen dari karyawannya. Bisa saja argument tersebut membawa dampak positif dan maju untuk Perusahaan.

3.  Ajak Hangout

Suntuk dengan beberapa pekerjaan yang numpuk, aktivitas kantor yang membuat kepala pusing dan runyam, Refreshing merupakan solusi yang tepat. Tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk berlibur bersama dengan para karyawan. Mungkin beberapa tempat yang sejuk nan jauh dari polusi dan kemacetan seperti berlibur ke pantai, menginap di Villa dengan nuansa Pedesaan, dan tempat-tempat lainnya.

4.  Berikan Ilmu

Sebagai seorang Pemimpin yang memiliki banyak ilmu, tidak ada salahnya jika memberikan beberapa ilmu atau sharing kepada karyawannya. Dengan begitu karyawan akan senang dan merasa dibimbing oleh pemimpinnya.

Kehidupan ini selalu menawarkan dua pilihan untuk kita pilih mana yang terbaik yang sesuai untuk diri kita. Berjuang atau menyerah, maju atau berhenti, surga atau neraka. Kira-kira seperti itulah pilihan yang selalu dan harus kita hadapi. Lalu apa yang menjadikan suatu keputusan itu berarti dan supaya kita tidak menyesal di kemudian hari. Tentukan pilihan dalam hidupmu sekarang, menjadi seorang pribadi yang berjuang, terus melangkah maju dan berbuat kebaikan supaya bila Tuhan menghendaki kita pun dapat ikut masuk ke surga, atau justru pilihan kita sebaliknya yang selalu menyerah, berhenti dan berbuat tidak baik selama hidup.

Demikian halnya kita menjumpai berbagai karakter seseorang yang ada di sekitar kita. Ada yang mempunyai karakter sebagai seorang LEADER dan ada pula yang berkarakter BOSS. Lalu apa perbedaan diantara kedua karakter tersebut? Sahabat Kompasianer pasti beberapa sudah tahu mengenai hal ini, namun saya mencoba untuk merumuskan menjadi lebih sederhana. Semoga tulisan ini dapat berguna dan dapat menjadi refleksi bagi kita bersama seperti apakah karakter kita itu.

Leader itu adalah sosok pemimpin yang dalam suatu peperangan dia selalu berada di tempat paling depan memimpin pasukannya. Seorang Boss itu sosok pemimpin pula, namun bedanya adalah dia berada di tempat paling belakang pasukannya. Seorang Leader selalu mengerahkan seluruh pasukannya dengan kata-kata motivasi, seorang Boss menyuruh pasukannya dengan kata mandat. Bila anak buahnya berbuat salah, maka si Leader akan mengevaluasi dengan halus dan memaafkan serta memberikan nasehat supaya kedepannya lebih baik lagi. Kalau Boss itu ya pasti marah-marah lebih dulu terus merendahkan anak buahnya dan fokus terhadap semua kesalahan yang dibuat anak buahnya.Seorang Leader akan lebih banyak beraksi ketimbang bicaranya, dia akan maju ke medan perang atau langsung menuju lapangan. Nah, kalo Boss itu ya stay di tempat dengan fasilitas serba mewah dan bisanya cuma menyuruh saja tanpa pernah tahu kondisi lapangan seperti apa.

Seorang Leader pasti mempunyai rasa simpati dan empati terhadap bawahannya. Kalau Boss, ya mana pernah memperhatikan nasib bawahannya.

Banyak tokoh di dunia ini yang memiliki masing-masing dari karakter tersebut. Baik menjadi Leader ataupun Boss. Di negara kita Indonesia pun kita bisa melihat dan menilai mana pemimpin yang seorang Leader dan mana pemimpin yang seorang Boss. Leader dan Boss itu sama-sama pemimpin namun punya beda karakter.

Demikian tips yang sangat sederhana bagi para Leader agar membangun suasana yang nyaman di Kantor. Dengan adanya beberapa tips di atas, Karyawan akan menghargai Pemimpinnya kelak dan akan dipandang sebagai Pemimpin yang baik dan ramah. Menciptakan suasana kantor yang nyaman dan menyenangkan sangatlah penting.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun