Mohon tunggu...
Atanasius WirasaktiAuratu
Atanasius WirasaktiAuratu Mohon Tunggu... Guru - Guru Honor

Perkenalkan nama lengkap saya Atanasius Wirasakti Auratu biasanya saya sering dipanggil sakti atau wira. Hobi saya, saya suka menulis puisi meskipun saya belum tahu puisi saya sempurna atau tidak. Saya juga suka hal hal yang berkaitan dengan Gedget dan Games. Dan Konten Favorit saya yakni hal hal yang berkaitan dengan sastra, pendidikan, gadget dan juga games. Terima kasih

Selanjutnya

Tutup

Puisi

"Perangai Kursi Kekuasaan"

20 Mei 2024   21:30 Diperbarui: 20 Mei 2024   22:08 124
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
diedit melalui canva

"PERANGAI KURSI KEKUASAAN"

Beranda facebook dipenuhi tulisan tulisan keangkuhan


Narasi bertaburan sana sini
Retorika mengecoh sana sini
Para penjilat tampil bersama tipu muslihat
Menggoda, memikat, lihai mempermainkan nasib para jelata

Nafsu siapa lagi yang dengan anggunnya berani menampakan diri?

Berkurun-kurun tenggelam di dasar samudra
Lalu, tiba-tiba timbul mengajak syair-syair kerakusan

Dengan elok si elit itu muncul mengobral auratnya
"Saya anak suku"
"Saya bertunas di bentala ini"
"Saya berperang bagi kaum pelik"

Untuk apa para perakus ini bersuara?
Untuk mempertuhankan kursi kekuasaan?
Sebegitu menggodakah kursi itu direngkuh?
Sebegitu memikatkah kursi angkuh itu?

Demi sebuah kursi kekuasaan
Para perakus tega mempermainkan hak hidup sesama.
Dahaganya mau tak mau harus puas bercela kekuasaan

Perakus ini hanya berkunjung ketika lapar,
lalu menghilang dikala kenyang.

Namun, ini hanyalah sebuah kursi,
kursi yang sanggup mengubah perangai manusia.

Puja dia "Si Kursi Kekuasaan"

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun