Mohon tunggu...
Wira Pratama Saputra
Wira Pratama Saputra Mohon Tunggu... -

Pernah jadi mahasiswa yang belajar untuk menulis. Sudah tidak jadi mahasiswa pun masih belajar.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Image yang Tergantikan karena Film

11 Januari 2011   16:04 Diperbarui: 26 Juni 2015   09:42 150
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Baru saja sore tadi saya mendapat inspirasi tentang tulisan ini, silahkan disimak dan diberi komentar.

Semoga bermanfaat..

Saat saya menyimak pembicaraan teman saya tentang film Gie, sebuah fiilm yang menceritakan tentang Soe Hok Gie, tiba-tiba terlintas di pikiran saya tentang image Soe Hok Gie. Yang terlintas di pikiran saya adalah sosok seorang Soe Hok Gie itu adalah Nicholas Saputra, aktor yang memerankan Gie di filmnya. Mulai dari muka, bentuk badan, rambut, sampai perwatakan. Mungkin perwatakan tidak terlalu menjadi masalah karena film Gie itu dibuat pasti disesuaikan dengan aslinya.

Penggantian image secara tidak sadar ini mungkin karena kita/saya tidak tahu seperti apa Gie sebenarnya, yang saya tahu hanyalah Gie yang ada di film Gie. Mungkin image yang tergantikan ini bisa dianalogikan dengan kejadian lain. Misalnya, mitos tentang Ratu Laut Selatan atau biasa disebut Nyi Roro Kidul. Sebenarnya tidak ada penggambaran image yang jelas dari Nyi Roro Kidul ini, karena memang pada dasarnya ini adalah sebuah mitos. Yang bisa dibahas disini adalah penggambaran yang diperankan yang ada di film horor pada tahun 90-an tentang Nyi Roro Kidul. Image yang tidak sebenarnya ini mungkin dapat dijadikan sebagai bahan renungan dan dianalogikan pada hal lain yang mungkin kita tidak sadar.

Sekianlah tulisan saya ini, mohon maaf bila tidak bermanfaat. Anggap saja sebagai bahan bacaan ringan.

Wassalam

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun