Mohon tunggu...
WIRA ADI
WIRA ADI Mohon Tunggu... pegawai negeri -

Peserta Diklat Online P4TK Matematika angkatan 1 tahun 2013

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Matematika Rekreasi

14 September 2013   04:53 Diperbarui: 24 Juni 2015   07:55 141
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Rekreasi Matematika
Matematika adalah ilmu yang abstrak dan dirasa sulit bagi sebagian besar siswa untuk mempelajarinya. Oleh karena itu sering kali siswa mudah patah semangat dan bosan mempelajarinya. Salah satu trik agar tidak bosan untuk mempelajari matematika maka perlu adanya refrehsing. Refreshing dapat dalam bentuk kegiatan rekreasi matematika.
Suatu misal mempelajari matematika pada jam-jam terakhir tentu saja sangat tidak mengenakkan, pikiran sudah penuh dengan permasalahan dan fisik tentu saja juga sudah capek, untuk mengatasi itu perlu rekreasi matematika. Bentuk rekreasi matematika sangat bermacam-macam. Misalnya dapat bermain bilangan, kriptografi atau persandian dan lain-lain.
Yang saya dapat baru saja dari materi diklat misalnya rekreasi matematika dapat dalam bentuk permainan persandian. Ada macam-macam persandian misalnya; sandi Scytale, sandi Polybus, sandi Caesar, sandi Vegenere, sandiAffine, sandi Digrafik Porta, sandi Pagar, sandi Caesar Box Ciphers dll. Tentu saja menerapkan rekreasi matematika lebih pas jika disesuaikan dengan topik yang dibahas saat itu. Disinilah kreatifitas guru sangat diperlukan untuk mengelola pembelajaran dengan menyesuaikan lapangan.
Kegiatan rekreasi yang pernah saya coba dikelas misalnya permainan bilangan. Kebetulan topik yang dibahas saat itu adalah menyederhanakan pecahan aljabar. Berikut salah satu permainan bilangan tersebut
Judul Tebak Hasil
Pilih bilangan antara 1 dan 10 → kuadratkan bilanganmu → hasilnya kalikan dua → hasilnya tambahkan dengan lima kali bilanganmu → tambahkan hasilnya dengan tiga → bagilah hasilnya dengan bianganmu ditambah 3 → kurangi hasilnya dengan dua kali bilanganmu. Dapat saya tebak hasilnya pasti –1
Dengan tebakan yang tepat siswapun terheran-heran dan berpikir mengapa dapat begitu. Nah barulah kita beralih lagi bahwa masalah itu tadi menggunakan prinsip menyederhanakan pecahan aljabar.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun