Desa Wringinanom, Malang - Sekelompok mahasiswa Kuliah Semester Tematik (KSM-T) Universitas Islam Malang (UNISMA) kelompok 41 telah berhasil melaksanakan program kerja yang Berinovasi dalam Pengajaran .Program ini bertujuan untuk mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh dalam konteks yang nyata serta memberikan kontribusi positif kepada masyarakat melalui pendidikan anak usia dini.Â
Program yang dilaksanakan pada Jum'at (09/8/2024) hingga Kamis (29/8/2024) Mahasiswa UNISMA membagi diri ke dalam beberapa kelompok untuk mengajarkan berbagai aktivitas edukatif kepada siswa TK. Aktivitas ini mencakup permainan edukatif, pembelajaran melalui seni dan kreativitas, serta cerita interaktif. Mahasiswa  juga memperkenalkan metode pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan untuk meningkatkan minat belajar anak-anak.
Dalam sesi pengajaran yang diadakan oleh mahasiswa Universitas Islam Malang (UNISMA) di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita, anak-anak TK menunjukkan antusiasme dan perhatian yang luar biasa terhadap kegiatan yang dipimpin oleh para mahasiswa. Berikut adalah gambaran bagaimana anak-anak tersebut memperhatikan pengajaran dengan penuh semangat
Di awal kegiatan, mahasiswa UNISMA memperkenalkan diri dengan ramah dan memulai sesi dengan metode yang menyenangkan. Mereka menggunakan berbagai alat bantu visual, seperti gambar berwarna dan boneka, untuk menarik perhatian anak-anak. Saat mahasiswa mulai menjelaskan materi melalui cerita interaktif, anak-anak tampak sangat fokus. Mereka duduk dengan tenang, mata mereka tertuju pada mahasiswa, dan beberapa di antara mereka bahkan tampak menunggu dengan penuh harapan setiap kali ada elemen kejutan dalam cerita.
"Keterlibatan mereka juga terlihat dalam kegiatan seni dan kreativitas. Saat diminta untuk menggambar atau membuat kerajinan tangan, anak-anak menunjukkan ketelitian dan kreativitas yang tinggi. Mereka memperhatikan dengan seksama petunjuk yang diberikan oleh mahasiswa dan dengan bersemangat mulai menerapkan teknik yang diajarkan." Ujar (Anis Sri Ningrum sie Humas Tim KSM-T)
Selama sesi permainan edukatif, anak-anak tampak sangat terlibat. Mereka mengikuti instruksi dengan penuh semangat, tertawa, dan berinteraksi dengan teman-teman serta mahasiswa pengajar. Anak-anak menunjukkan rasa ingin tahu yang besar dengan mengajukan pertanyaan sederhana dan berpartisipasi aktif dalam setiap aktivitas. Misalnya, saat mahasiswa mengajarkan konsep warna dan bentuk melalui permainan, anak-anak dengan antusias mencocokkan objek dengan warna dan bentuk yang tepat.
"Melihat program ini sebagai kesempatan yang berharga untuk memperkenalkan metode pengajaran baru dan kreatif kepada anak-anak usia dini. Dengan adanya mahasiswa yang terlibat langsung dalam mengajar,Saya berharap dapat meningkatkan kualitas pendidikan di TK dan memberikan inspirasi bagi para guru untuk terus belajar dan berkembang." Jelas (Bu Umi Sa'adah selaku kepala sekolah TK DHARMA WANITA WRINGINANOM
Pada akhir sesi, ketika mahasiswa UNISMA meminta umpan balik atau meminta anak-anak untuk menceritakan apa yang mereka pelajari, tampak jelas bahwa anak-anak tidak hanya memperhatikan, tetapi juga memahami dan mengingat materi yang diajarkan. Beberapa anak dengan bangga menunjukkan hasil karya mereka dan menceritakan bagian favorit dari kegiatan.Secara keseluruhan, anak-anak TK menunjukkan tingkat perhatian dan partisipasi yang sangat baik selama pengajaran oleh mahasiswa UNISMA. Mereka tampak sangat menikmati pengalaman belajar yang inovatif ini, dan respons positif mereka menunjukkan keberhasilan metode pengajaran yang diterapkan oleh mahasiswa.