Mohon tunggu...
Windy Arika
Windy Arika Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya mahasiswa tingkat akhir, dengan hobi olahraga badminton.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

3 Mahasiwi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Menganalisis Efektivitas Pembuatan Band Eyzer pada Perusahaan

21 Desember 2023   14:15 Diperbarui: 21 Desember 2023   14:55 90
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi 3 Mahasiswi Teknik Industri Untag Surabaya di PT. XYZ/dokpri

Kerja Praktek (KP) merupakan suatu bentuk  perkuliahan yang dilaksanakan secara langsung pada suatu instansi atau perusahaan. Kegiatan kerja dalam kehidupan nyata dapat memberikan pengalaman dan mengasah keterampilan dan kemampuan siswa dalam dunia kerja. Kerja praktek bertujuan untuk mencapai beberapa tujuan seperti memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru  mahasiswa tentang kegiatan industri di perusahaan, menerapkan teori-teori yang dipelajari selama kuliah di perusahaan, membekali pemagang dengan keterampilan teknis dan soft skill. keterampilan ketika ingin bekerja di perusahaan tersebut. perusahaan.

Kami bertiga atas nama Windy Arika, Awanda Firdaus Muswati dan Mentari Divibriani, mahasiswa semester 6 program studi teknik industri Universitas Surabaya pada tanggal 17 Agustus 1945. Saya akan menjelaskan  kegiatan saya selama melakukan pekerjaan nyata di PT. XYZ. Saya melakukan kegiatan magang/kerja praktek selama 6 bulan dan  ditempatkan di departemen PPIC. PT XYZ memproduksi bandeyzer dan pipa besi.

Selama magang, saya bertugas membantu pencatatan laporan-laporan yang terjadi pada saat produksi, memasukkan data absensi, dan membantu perencanaan produksi. Selain itu, saya  mengumpulkan data produksi dan data downtime dan berkontribusi dalam mempersiapkan rencana produksi yang akan datang. Saya juga membantu divisi pemasaran dalam menghubungi konsumen. Selain itu, saya juga diarahkan untuk menyiapkan laporan.

Berkat kegiatan kerja praktek ini saya mendapatkan pengalaman yang bermanfaat untuk memperdalam ilmu saya di bagian PPIC. Saya  lebih memahami cara kerja sistem perusahaan dan saya dapat meningkatkan keterampilan saya dengan bekerja dalam tim, yang akan sangat membantu saya ketika bekerja nanti.

Saya harap apa yang saya jelaskan dapat menjadi pelajaran bagi pembaca untuk lebih memahami sebenarnya pekerjaan departemen PPIC di perusahaan manufaktur. Semoga apa yang saya jelaskan juga dapat memberikan wawasan dalam kerja praktek khususnya di PT XYZ, serta dapat memotivasi pembaca untuk tetap semangat dan optimis di masa depan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun