Mohon tunggu...
Windi Handayani
Windi Handayani Mohon Tunggu... Administrasi - Long Life Learner Education

Penggerak Hasanah Literasi (Media Penebar Insspirasi Kebaikan)

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Jangan Pernah Padam Semangat JNE Ku.Teruslah Menyala Menebar Kebermanfaatan

30 Juni 2024   01:05 Diperbarui: 4 Juli 2024   01:10 314
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
JNE Express Bengkulu. Dokumentasi Penulis

Salam Penulis.

Hallo Guys! Para pembaca yang bahagia, izinkan saya menyampaikan coretan tentang sebuah aktivitas yang ternyata begitu dekat dengan kita. Bahkan aktivitas ini dapat merubah sebuah paradigma 'pemikiran primitif' yang terkadang masih tertanam dibenak sebagian orang. Bagaimanakah pemikiran primitif itu?. Salah satu contohnya adalah beranggapan bahwa untuk memenuhi  kebutuhan primer ataupun sekunder kita harus berkorban tenaga dan pikiran yang  cukup melelahkan bahkan tidak sedikit menyita waktu. Padahal realitanya, di zaman yang serba modern ini teknologi dan informasi semakin berkembang dan kita sebagai manusia secara sadar ataupun tidak sadar sangat bergantung terhadap kedua hal tersebut.

 Perkembangan teknologi dan informasi yang dapat membuat pemenuhan kebutuhan kita menjadi lebih praktis dan efisien adalah dengan adanya kreativitas dan inovasi dari para pelaku usaha. Salah satu inovasi dan kreativitas tersebut yaitu dengan memperluas jangkauan pemasaran secara online baik melalui marketplace ataupun platform digital sejenis. Masyarakat yang saat ini sudah 'melek digital' tentu akan merasa bahagia dengan adanya platform tersebut. Bukan tidak mungkin, perlu menyiapkan waktu khusus dan tenaga untuk berbelanja merupakan sebuah kegalauan bukan?. Maka berkecimpung di dalam dunia online shop adalah solusinya.

Online shop tidak hanya harus mampu membaca peluang pasar dengan adanya marketplace terpercaya. Namun juga inovasi dan kreativitas pelayanan juga merupakan hal yang sangat urgen dilakukan. Bisakah kita bayangkan bagaimana jika store tidak mampu melakukan inovasi?. Tanpa adanya inovasi dan kreativitas maka online shop tersebut sangat mungkin tidak dapat berkembang bahkan gulung tikar. Oleh karena itu, seller perlu untuk mencari relasi terbaik untuk meningkatkan pelayanan, salah satunya adalah mencari jasa kirim terbaik untuk memuaskan pelanggan.

Sejauh yang saya ketahui, PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) merupakan salah satu perusahaan terbesar di Indonesia dalam bidang pengiriman dan logistik. Selain itu, saya juga mengambil kesimpulan bahwa JNE merupakan pionir yang memberikan inspirasi kepada perusahaan yang melakukan usaha sejenis. PT Pos Indonesia diresmikan pada tahun 1995 sedangkan PT  Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau JNE pada tanggal 26 November 1990 oleh H. Soeprapto. Itu artinya, JNE merupakan perusahaan pertama yang memulai kegiatan usahanya yang terpusat pada penanganan kegiatan kepabeanan/impor kiriman barang/dokumen serta pengantarannya dari luar negeri ke Indonesia.

 JNE menjadi pimpinan pasar terbesar di Indonesia yang dapat bersaing dan meningkatkan kualitas pelayanan secara domestik ataupun internasional. Dalam upaya menjaga eksistensi dan kepercayaan masyarakat maka JNE dalam perjalanannya terus memberikan inovasi dan kreativitas yang semakin menyala semangatnya. Kreativitas dan inovasi menjadi dua hal yang perlu diperhatikan bagi pelaku usaha untuk dapat menarik perhatian pelanggan. Inovasi dan kreativitas yang saya yakini sebagai bentuk upaya JNE untuk menebar manfaat dalam meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa. Semangat untuk berkreativitas dan berinovasi yang dilakukan dari hati agar para pelaku usaha dapat terus melebarkan sayap dengan pelayanan optimal khususnya dalam hal pengiriman barang.

Menyala Kreativitas dan Inovasi JNE

Sebagai pionir industri logistik, JNE perlu meningkatkan strategi persaingan dengan melakukan inovasi. Pada masa COVID-19, JNE memfasilitasi UMKM untuk dapat bergerak lebih maju dan bangkit dari keterpurukan. Layanan logistik JNE selama masa pandemi membuat UMKM dapat melakukan penjualan dengan mudah. Salah satunya adalah dari pengiriman makanan beku hingga menuju luar kota dengan mudah dan cepat. Tidak sampai disana, JNE juga terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pelayanannya selama lebih dari 33 tahun. Inovasi yang sempat dikembangkan oleh JNE adalah dari integrasi antara JNE dengan e-commerce untuk terus meningkatkan pelayanan logisitik dan membantu sektor UMKM agar dapat bergerak maju. Selain mendukung secara offline, JNE juga memberikan dukungan kepada masyarakat untuk dapat menuangkan kreativitas dan ide menarik dalam beradaptasi dengan teknologi informasi.

Kreativitas memainkan peran yang penting untuk membantu mempertahankan keunggulan kompetitif bagi sebuah usaha. Melalui adanya tindakan yang kreatif, maka karyawan dapat meningkatkan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan. Dalam hal ini, karyawan akan menunjukkan kemampuan untuk berkomunikasi dan mengeksplorasi ide baru dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan. Tidak dapat dipungkiri bahwa JNE telah berhasil mengembangkan kemampuan dengan mengajak masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam kampanye kreativitas untuk bersama menciptakan lingkungan yang lebih kondusif. Kemampuan karyawan dalam menerapkan kinerja yang kreatif dan inovatif akan membantu m9emberikan kualitas pelayanan yang lebih memuaskan kepada pelanggan.

JNE berhasil meningkatkan kualitas pelayanan melalui program pick up dimana kurir dapat membantu UMKM dalam mengambil barang di rumah ataupun ditoko tanpa tambahan biaya. Inovasi ini meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan sehingga pelanggan tidak perlu haru berkunjung ke store JNE dan mengirimkan barang. Inovasi menjadi daya tarik bagi pelanggan untuk terus menyadari kehadiran JNE dan menunjukkan komitmennya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun