Di era yang serba canggih seperti sekarang ini tentu saja kita sangat dipermudah dalam berbagai hal dengan adanya internet. Contohnya seperti melakukan transaksi jual beli, mempromosikan barang bahkan dalam melakukan pembayaran kita bisa melalui e-banking dan tentu saja tidak membutuhkan waktu yang lama.
pandemi covid yang terjadi pada tahun 2020 menyebabkan kerugian yang dirasakan dalam berbagai aspek di Indonesia. Hal tersebut turut di rasakan oleh para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang mengeluh tidak dapat berjualan lagi setelah ditetapkannya PPKM di Indonesia.Â
Namun di eraNamun dengan adanya internet, para pelaku usaha tersebut dapat memutar otak bagaimana usahanya tersebut tidak terus-terusan mengalami kerugian salah satunya dengan memanfaatkan digital marketing yang telah berkembang saat ini.
Dengan adanya digital marketing ini para pelaku usaha dapat menjual dan mempromosikan barang yang dijualnya dengan mudah. Mereka hanya tinggal mengupload barang yang dijualnya di situs media sosial seperti Shopee. Para konsumen akan dengan mudah melihat barang yang ingin mereka beli tanpa harus datang ke toko dan barang tersebut akan langsung dikirim ke alamat pembeli.
Oleh karena itu, digital marketing memiliki peran yang sangat penting bagi para pelaku UMKM di Indonesia disaat era pandemi covid-19 seperti sekarang ini. Tentu saja jika kita benar dalam menggunakan digital marketing ini, maka kita akan mendapatkan berbagai manfaatnya.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI