Mohon tunggu...
Winda Widia
Winda Widia Mohon Tunggu... -

bantuin sampe gue sukses yah guys, lulus S1 mei 2016, jadi guru bahasa inggris, PNS, lanjutin gelar s2. aamiin

Selanjutnya

Tutup

Catatan

ketemu bule - caroline

9 Juli 2014   00:38 Diperbarui: 18 Juni 2015   06:57 248
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Nah guys aku mau cerita nih berbagi pengalaman aja okay kan sayang kalau hanya dipendam dalam hati dan akhirnya terkubur lenyap. Hari ini 8 Juli 2014 sepulang ngampus nih entah kenapa aku males banget naik bis akhirnya aku naik elf (dibaca: elep) aja trus turun di ciamis, nah dari ciamis niatan kalo aku udah di bis aku mau tidur aja capek soalnya abis kuliah di pertemuan terakhir semester 4.

Kan aku naik bis yah, nah trus di kursi depan waw semacam surprize gitu deh ada 2 bule duduk terpisah tapi masih sejajar cewek ama cowok, nah aku duduk aja di sebelah bule yang cewek, aku tanya deh “hi what’s ur name?” “ Hi I’m caroline”. Aku bakal jelasin inti2nya doang deh yah pake bahasa indonesia soalnya kan kalo secara grammatis english gimana tadi aku sm dia ngobrol kan lupa. Terus kita rada diem bentar. Beberapa saat kemudian aku yang kepoan nanya lagi aja “where do you come from?” Trus dia balas “boltom”, lalu urat2 sarafku seperti tiba2 pabeulit bingung, yaa sudah aku tanya yang lain juga, duhh aku bahasa inggrisnya meni inggris formal banget, maklumlah gak terbiasa speak pake bahasa inggris hehehe kan kita mah Sundanese. Nah terus dia nanya kalo bahasa Indonesianya thank you itu apa? Aku jawab “terima kasih” hah “what is it?” - Te ri ma ka sih- and sundanese= hatur nuhun lalu dia mengikuti hatur nuhun dengan logatnya haha, naah dari situ kitra ngobrol makin asik dalem hati aku ngomong kok nyambung juga yah kita ngomong understanable pula, kirain aku bakal terbata-bata karena kalo denger native speaker bule ngomong itu “ahh mong naon sih teu ngarti”. Ohh ternyata dia itu perempuan berumur 30 guys dia adalah seorang guru france (bahasa perancis) trus bahasa apalagi yah aku lupa. Naah dia itu baru pertama kali datang ke Indonesia buat liburan bareng pacarnya itu yang sebelahnya yang ganteng banget kek artis2 film hollywood. Kalo dia ngomong artikulasinya itu jelas banget atau karena mungkin yg kita omongin cm sebatas english dasar yang di pelajarin di sekolah2 hehe. Pas aku tanya kenapa kamubelum nikah? Dia Cuma ketawa dan haha I don’t know terserah pacarnya itu. Nah kan dia nanya, aku jelasin pake Indo aja yah, dimana rumah aku di banjar dan ini ciamis,dia kan gak tau dimana banjar nah kebetulan her destiny is to pangandaran and I reply before pangandaran hehe. Dia itu kan punya waktu sebulan katanya buat liburan, tempat2 yang dia kunjungi itu jakarta, bogor, pagandaran, jokja, bali, lombok. dia bisa nyasar di Indonesia itu berkat temennya yang lagi dipangandaran yang recommended dia biar liburan disana juga, gitu guys.Nah kan dia nanya aku abis darimana ciee kepoo haha geer I’ve just come back from my college dan aku juga jawab aku juga seorang mahasiswa jurusan bahasa inggris.. nahh tiktok tiktok... bis melaju membawa kami di tengah derasnya hujan, kami sempat membahas hujan ternyata di negara dia juga ada hujan guys, tunggu tunggu aku masih bingung “boltom” apa? Emg ada? Ada kali? Nah katanya boltom itu deket UK guys aku masih bingung dan ternyata “belgium” I mean “belgia” kalo dibaca di bahasa Indonesianya mah. Trus aku buka kamus calds ku dan ternyata cara baca belgium itu = /ˈbel.dʒəm/

Naah itu phonetic trancriptionnya guys, trus aku sempet nanya juga what english which is used there? Katanya british bukan american.. bis terus melaju dan dia merhatiin celana yang aku pake katanya it is jeans. Yeah why? Jeans from europe ohh hahaha aku ketawa dan dia nanya kenapa disini mayoritas pake celana panjang? Soalnya aturan disini itu begitu beda sama dia yang pake hot pen ala bule-bule yang suka liburan di indonesia gitu guys kan gak sopan. Ohh iya yah sesuai religion juga katanya.

Trus aku juga sempet curhat kalo aku suka one direction kan belgia ama inggris gak jauh2 amat yaa kali aja pernah ketemu Zayn Malik hehe tapi dia bilang belum tapi dia tau one direction iyalah orang boyband Internasional gitu dan tiba tiba ada lagu original soundtracknya beauty and the beast diplay di bis tapi aku gak tau judulnya apa, katanya itu lagu favoritnya, akhirnya dia ama pacarnya itu (aku gak nanya siapa namanya) nanyi bareng-bareng sambil ketawa-ketawa dan nunjuk kepacarnya kalo ia beauty and dia beastnya.haha aku sanggah beauty and handsome hahaha LOL dan carol malah bilang sama pacarnya kalo aku ngefans sama One direction dan kita pun ketawa sampe bapak2 di pinggir kami menunjukkan muka yang kebingungan haha.

Pas aku nyinggung soal kenapa kamu belon kawin she said “I dont know, ask him haha” dan dia juga nanya kalo aku nikah ditentuin sama orangtua apa gimana? Yaa engga dong It depends on me dan dia mengerti maksudnya.Caroline pas aku ngbrol sama dia aku ngerti beda sama turis2 yang aku temuin pas di jokja aku rada bingung denger pronunciationnya. Mungkin karena latar belakang dia juga guru SMA dia terbiasa pake bahasa inggris yang terbilang EFL (english foreign language) padahal di negaranya aku yankin banget englishnya tuh ESL (English for second language) iyalah orang nyeroscosnya meni lancar begitu beda sama saya yang u a eu eu .. da aku mah apa atuh L

Ngomongin apalagi yah oiya katanya dia juga tau kalo sekarang itukan bulan ramadhan nah dia nanya kalo aku puasa, kalo puasa itu dari jam berapa sampai jam berepa? Itu tuh Cuma gak makan aja atau gak minum juga? Is it dificult? Aku jawab dong jam2nya trus aku juga bilang itu gak sulit karena melatih kesabaran juga. Dia bilang dia mah gak pernah puasa dan dia juga gak mau nyobain puasa karena dia bakal laper dan dia bakal mati kalo puasa hahahaha aku ketawa ajadeh.

Dia juga nanya tempat yang recommended dimana lagi di Indonesia, aku bilang aja bunaken, sulawesi haha sotoy nih winda sok tau padahal belum pernah kesana juga, itu adalah salah satu tempat diving terkeren di dunia. Tapi katanya di gak punya banyak waktu buat berkunjung ke sulawesi, maybe next time.

Nha trus aku tanya juga soal angklung, music instrumen dari bambu ohh iya katanya di tau, aku nawarin buat berkunjung kerumah aku biar dia bisa liat beragam angklung dirumahku. Tapi katanya dia gk punya waktu lagi buat kepangandaran mau surfing. Kan aku bingung guys kenapa bule naek bis ginian coba kenapa gk pake travel kek, dia juga cari yang murah2 guys travel mah mahal hahaha

Trus finally aku gak mau dong sia-siain kesempatan ini aku tanya aja facebooknya dia, pas dia spell namanya duh aku bingung, aku suruh aja ditulis namanya di buku diary baru bermerek rokokku haha. Alhasil namanya tertulis jelas “XXXXXXX” SENSOR. I will add you, and you must confirm me. Okay. Asiik dibuku ini ada bekas tulisan tangan bulenya duhh seneng- duh senengg positifnya karena buku ini beresejarah sejak 3 hari yang lalu dan di lembar ke 2 tertulis nama bule originally bu her hands. Semoga juga masa depanku go International kayak yang nulisnya hahah aamiin.

Jarak sudah dekat, kota banjar sudah terlihat dan aku akan turun, kata2 terakhir dariku “ would you like to come to my home?” haha aku menawarinya sekali lagi. Tapi tujuannya adalah pangandaran. Dia seneng ketemu orang Indonesia yang friendly2 beda sama orang dinegaranya yang lebih terlihat angry kalo misalkan lagi nyetir hahaha. Jadi disana itu gak boleh nyalain klakson PUUUUPP PUUPPP karena annoying banget just ikuti the traffic light yang banyak banget. Negaranya itu tertib gak kaya Indonesia haha. Dan dia juga nanya jarak dari sini kepangandaran berapa lama lagi, aku bilang 2 jam kurang lebih. Finally we shaked our hands, thank you see youu hahaha.

Nahh itu segelintir pengalamanku hari ini. Ih awosome banget deh walaupun terkesan katrok haha yyaa biarinlah maklum jarang-jarang juga kan ketemu bule trus ngomong panjang lebar tinggi kemana-kemana ketawa ketiwi. Nah buat kalian guys yang kalo ketemu bule suka salting ajak aja dia ngomong, mereka itu asik kok emang sih mukanya serem kayak kompeni, tapi mereka itu suka sama org indonesia soalnya ramah2. Emang suka ada juga bule yang gak mau diganggu yaa mungkin dia lagi complicated aja inget bule juga manusia . So improve your speaking ability yaa sesuai sikon juga, ini itu kesempatan yang diberikan Tuhan buat practice naah kapan lagi coba jarang2 kan ketemu bule. hahahhaa

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun