Putri Nur Pratiwi, Rani Widiastuti, Winda Noviyanti, Yuliana Ananda S.
Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi
Universitas Pamulang
Abstrak
  Penentuan lokasi fasilias produksi yang strategis adalah wilayah penempatan operasi produksi sebuah perusahaan yang dapat memberikan keuntungan maksimal terhadap perusahaan tersebut karena tujuan strategi lokasi adalah untuk memaksimalkan keuntungan lokasi bagi perusahaan. Keputusan yang paling penting dan perlu dibuat oleh perusahaan adalah menempatkan operasi lokasi operasi yang strategis. Aspek keputusan ini adalah sebuah indikasi bahwa keputusan lokasi bersifat global. Lokasi sangat memengaruhi biaya, baik biaya tetap maupun biaya variabel. Lokasi sangat memengaruhi risiko dan keuntungan perusahaan secara keseluruhan. Untuk keputusan lokasi industri, strategi yang digunakan untuk meminimalkan biaya, sedangkan untuk bisnis eceran dan jasa profesional fokus pada memaksimalkan pendapatan.
Abstract
  Determining the location of a strategic production facility is the area where the production operations of a company can provide maximum benefits to the company because the objective of the location strategy is to maximize location advantages for the company. The most important decision a company needs to make is to place operations in strategic locations of operations. This aspect of the decision is an indication that location decisions are global in nature. Location greatly affects costs, both fixed and variable costs. Location greatly influences the risk and profit of the company as a whole. For industrial location decisions, strategies are used to minimize costs, whereas for retail businesses and professional services focus on maximizing revenue.
PENDAHULUAN
  Banyak hal yang dapat menentukan kesuksesan sebuah usaha, salah satunya adalah pemilihan lokasi. Peran penting pemilihan lokasi dalam sektor bisnis dan ekonomi pada masa lalu (mungkin juga saat ini) lebih diminati oleh para ahli geografi daripada ekonom, sehingga perkembangan teorilokasi masih berkembang dalam ilmu geografi daripada ilmu ekonomi.
  Bagi para pengusaha sukses, lokasi bukan satu-satunya instrumen penting dari sebuah kesuksesan usaha yang dibangun/ dirintis, melainkan juga hasil kajian para ilmuwan dan pengalaman dari berbagai pihak menunjukkan adanya korelasi penting antara kesuksesan dengan perencanaan awal dalam membuka sebuah usaha.
  Tujuan dari strategi lokasi adalah memaksimalkan keuntungan dari lokasi. Penetapan lokasi sangat mempengaruhi biaya, baik untuk biaya tetap maupun biaya variabel.  Â