Mohon tunggu...
Winda Arisukma
Winda Arisukma Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

ingin menjadi orang yang bermanfaat bagi nusa dan bangsa, dan tidak materialistis semata-mata semuanya untuk ibadah. amin

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Medical Delegate Trainee

13 Oktober 2015   13:53 Diperbarui: 13 Oktober 2015   13:57 5721
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

kompasianer long time didn't write beause i'm start to work but i hope i can writing every moment i could share my experience to everyone. 

hari ini aku ingin berbagi pengalaman kepada teman-teman semua tentang mengikuti wawancara dalam bekerja. pada kesempatan ini saya diberikan peluang untuk mengikuti wawancara di salah satu perusahaan terbesar dalam bidang makanan terutama di indonesia yaitu PT. Nestle Indonesia. posisi yang ditawarkan dalam open recruitment ini yaitu Medical Delegate Trainee (MDT) yaitu kita di tugasakan untuk membangun kerjasama dengan tenaga medis baik itu bidan, dokter maupun tenaga medis lainnya yang memiliki peluang untuk memasarkan produk Nestle. saya sebenernya tenaga non medis yaitu bidan tapi kenapa saya ingin bergabung dengan ini karena memang saya belum memiliki alasan yang jelas tapi harapannya sederhana saja aku pingin mempunyai pekerjaan yang jelas dan bisa membantu keuangan keluarga terutama bisa membiayai kehidupanku sendiri sehingga tidak memberatkan beliau. 

saya lulusan dari universitas muhammadiyah yang ada di yogyakarta yaitu Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. dari seluruh jogja ada 213 peserta yang mengikuti tes Medical Delegate Trainee ini dan itu harus mengikuti 3 tahap tes yaitu 3 minute interview, Forum Group Discussion, And the last Inepth Interview. mungkin ada yang memiliki pengalaman yang sama dengan saya yaitu pernah mengikuti test ini dan berhasil lolos. kalo saya sih belum tahu hasilnya bagaimana karena memang pengumumannya akan diberitahukan minggu ini. 

tahap-tahapnya sih sederhana tapi memang harus butuh mental lebih dan kepercayaan diri  untuk bisa lolos dalam seleksi ini

1. 3 minutes interview

     pada tahap ini peserta di uji bagaimana kemampuan bahasa inggrisnya dengan bercerita dalam waktu 3 minute dan itu sesuai dengan yang di tanyakan oleh interviewer. saya paling parah dalam bicara bahasa inggris, sudah belajar selama kurang lebih 15 tahun tapi tidak pernah bisa menguasainya. vocabulary waaw amazing kalo aku bisa menghapal 5000 vocab but i didnt pass in fluent english and i did't understand why i'm pass in this step. banyak keajaiban mungkin didalam wawancara yang saya tahu saya hanya mengutarakan apa yang pernah saya alami dalam bahasa inggris dan jurusnya yaitu  i know and you know. grammar saya tidak peduli dengan grammar untuk saat itu. tapi dalam kesempatan ini saya mempunyai tekat lebih kuat untuk bisa berbahasa inggris jadi harus belajar bahasa inggris lagi karena ternyata memang penting banget bahasa inggris apalagi kalo ingin bekerja di perusahaan asing kayak Nestle. dari 2013 orang yang mendaftar yang lolos dalam tahap ini ada 80 orang untuk mengikuti tahap selanjutnya yaitu FGD dan saya salah satunya. alhamdulillah

2. FGD 

    Pada tahap ini saya masuk ke group 11 karena memang saya memiliki no urut 169. Dalam sehari ini karena saya bertemu orang-orang baru jadi bertambah deh teman saya (banyak kenalan banyak rizky hehhhe). saya datang sendirian nihh dan gak ada yang kenal saya waaw mantapkan, karena tekad yang kuat nih berani melangkah walau sendiri hemm mantap. oya ada yang lupa ini wawancara dilaksanain tanggal 8 dan taukah pada tanggal 8 saya sudah membeli tiket untuk berangkat ke jakarta jam 2 siang dan harapan saya jam 2 siang tes sudah selesai dilakukan. tes tahap demi tahap telah dilalui dan FGD baru dimulai jam 2 siang hahahah aku kadang kalo memikirkannya sedikit sedih tapi tidak apa-apa karena mungkin jalanku disini dan rizkyku mungkin disini jadi semoga diberikan kemudahan disetiap tahapnya itu doaku.

FGD dimulai dan mulai giliran kelompokku, dan ternyata kelompokq cewek semua dan itu harus di pisah menjadi dua digabung dengan kelompok lain yang beranggotakan lelaki. saya paling susah untuk mengingat nama kalo hanya sekali dengar dan pada kesempatan ini saya sudah tidak ingat siapa saja nama kelompok FGD Saya, tapi tidak papa semoga bisa dimaklumi ya, , dalam FGD kita disuruh mendiskusikan satu kasus yang mana harus diselesaikan dalam kata mufakat bukan dalam kata voting. Disini kita di uji bagaimana kerjasama dan bagaimana pola pikir kita untuk mempengaruhi orang lain dengan argument kita. waktu yang di berikan 20 menit 5 menit untuk membaca dan menulis jawaban individu dan 15 untuk memilih jawaban secara kelompok. bagi yang jawabannya sesuai dengan kesepakatan kelompok maka masing-masing poin akan mendapatkan nilai plus. 

kasus yang diberikan kepada kami adalah sebuah pesawat terbang yang jatuh di daerah raja ampat yaitu di hutan belantara dengan jumlah penumpang 50 penumpang yang selamat dan ada 7 prioritas tidakan yang harus dilakukan dan itu kita diharapkan untuk menyusun prioritas tindakan yang akan dilakukan. apapun jawaban yang dipilih oleh anggota kelompok tidak ada yang salah hanya saja harus memiliki argumen tyang kuat dan dapat membuat teman-teman sepaham dengan jawaban yang kita pilih. paling tidak begitulalh proses dari FGD yang dilakukan dan dari 7 orang dalam satu group hanya aku yang dapat maju ke sesi selanjutnya yaitu indepth interview. alhamdulillah aku masih bisa melanjutkan sesi berikutnya semoga memang diberikan kesempatan untuk mencoba pekerjaan yang ditawarkan oleh PT Nestle. aminnn

3. Indepth Interview

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun