Mohon tunggu...
Muhammad Wildhan Pamungkas
Muhammad Wildhan Pamungkas Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis di masa depan

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Semester 6

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Mengikuti Komunitas Polygot Edisi 25 Juni 2023

1 Juli 2023   20:51 Diperbarui: 1 Juli 2023   21:10 183
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kelompok bahasa korea sedang presentasi. Dokumentasi Pribadi

Suatu ketika saya mendapatkan kabar dari teman saya bahwa ada acara yang menarik bagi saya untuk ikuti yaitu komunitas polygot. Komunitas Polygot ini dimana komunitas bagi orang-orang yang memiliki ketertarikan akan berbahasa asing. 

Saya memilih bahasa jepang sebagai acara pertama yang ingin saya ikuti meskipun banyak pilihan bahasa. Karena ini first impression jadi saya juga tentunya menyimak mengenai runtutan acara ini. Kebetulan acara ini diselenggarakan di daerah Tendean. Saya memutuskan untuk turun di halte Transjakarta Tendean. 

Halte Tendean. Dokumentasi Pribadi
Halte Tendean. Dokumentasi Pribadi

Lalu dilanjutkan ke lokasi yang cukup menggunakan gojek dan tepat pukul dua belas siang pun sampai di tempat. Walau sebenarnya acaranya jam satu siang. Tetapi saya memilih untuk berdiam diri di cafe yang menjadi titik pertemuan, walau awalnya ragu karena saya sendiri tidak tahu siapa orang-orang yang mengurus komunitas ini.

Bagi Kopi Tendean. Dokumentasi Pribadi
Bagi Kopi Tendean. Dokumentasi Pribadi

Matcha. Dokumentasi Pribadi
Matcha. Dokumentasi Pribadi

Saya menunggu hingga akhirnya saya bertemu dengan teman saya yang mengikuti kelas Thailand dan satu persatu orang datang sampai akhirnya ramai. Ada dimana moment ketika salah satu orang membicarakan AKB48, Hinatazaka46 meskipun pembicaraan dengan bahasa jepang (Saya mengerti namun tidak bisa menjawab) saya pun menjawab Keyakizaka46. Dan bisa dibilang pertama kalinya bertemu orang yang super ekstrovert. 

Tak lama akhirnya pembagian kelas. Ternyata bahasa jepang ada 4 orang dan jujur saya masih pasif dengan bahasa jepang dan mereka bertiga sangat jago sebenarnya saya sendiri mengerti apa yang dibicarakan tapi gak bisa bicara. Akhirnya memutuskan untuk diam selama pertemuan itu. Bahkan ketika presentasi satu persatu bahasa hanya bisa diam.

Sampai acaranya berakhir dan ada momen foto bersama. Setelah itu akhirnya saya memilih duduk di tempat kejauhan.

Orang-orang berinteraksi. Dokumentasi Pribadi
Orang-orang berinteraksi. Dokumentasi Pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun