Mohon tunggu...
Moh Wildan Mukholadun M
Moh Wildan Mukholadun M Mohon Tunggu... -

MAHASISWA UIN MALIKI MALANG SEMESTER 6

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Prinsip Pendidikan Anak Usia Dini

12 Maret 2014   03:46 Diperbarui: 24 Juni 2015   01:02 328
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Dalam pembelajaran pendidikan anak usia dini sayogjanya memperhatikan prinsip prinsip dibawah inii sehingga pendidikan anak usia dini berhasil dan sesuai tujuan yang diharapkan

Prinsip prinsip PAUD( Pendidikan Anak Usia Dini)

1)Anak sebagai pembelajar aktif

Pendidikan hendaknya mengarahkan anak untuk menjadi pembelajar yang aktif .Pendidik yang dirancang secara kreatif akan menghasilkan pembelajar yang aktif .Anak anak akan terbiasa mempelajari bebagai aspek pengetauhan ,keterampilan,dan kemampuan melalui berbagai aktifitas mengamati mencari mengamati mencari menemukan mendiskusikan ,menyimpulkan dan mengemukakan sendiri sebagai hal yang ditemukan pada lingkungan sekitar .proses pendidikan seperti ini merupakan wujud pembelajaran yang bertumpu pada aktifitas belajar anak secara aktif atau dikenal cara belajar siswa aktif( CBSA= Student Active Learning)

2) Anak belajar melaui sensori dan paca indera

Anak belajar melalui sensori dan panca indera menurut pandangan Montessori yang menyakini bahwa panca indera dalah pintu gerbang masuknya berbagai pengetauhan kedalam otak manusia karena perannya yang sangat strategis maka seluruh panca indera harus memperoleh kesempatan untuk berkembang sesuai fungsinya Dalam konsep ini anak mengeksplorasi semua inderanya baik penciuman ,perasa ,peraba ,penglihatan dan pendengaran

3) Anak Membangun Pengetauhannya sendiri

Dalam konsep ini anak dibiarkan belajar melalu pengalaman dan pengetauhan yang dialaminya sejak anak lahir dan pengetauhan yang telah anak dapatkan selama hidup .konsep ini diberikan agar anak dirangsang untuk menambah pengetauhan yang telah diberikan melalui materi materi yang disampaikan oleh guru denagn caranya sendiri

4) Anak Berpikir melalui Benda Konkret

Dalam konsep ini anak harus diberikan pembelajaran dengan dengan benda benda yang nyata agar anak tidak menerawang atau bingung .Maksutnya adalah anak dirangsang untuk berfikir dengan metode pembelajaran yang menggunakan benda nyata

Anak lebih mengingat sesuatu yang dapat dilihat ,dipegang ,lebih membekas ,dan dapat diterima dan membekas dan dapat dierima oleh otak sensasi dan memory(Long term memory dalam bentuk symbol symbol

Pada kegiatan ini anak diharapkan dapat berpikir melalui media benda benda konkrityang terdekat dengan anak langsung ,Anak usia dapat menyerap pengalaman dengan mudah melalui benda benda yang kongkrit

5)Anak belajar dari lingkungan

Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan sengaja dan terencana untuk membantu anak mengembangkan potensi secara optimal sehingga anak mampu beradaptasi dengan lingkungan. .pengertian tersebut mengandung makna bahwa esensi haqiqidari tujuan akhir pendidikan adalah kemampuan anak melakukan adaptasi dengan arti luas .dengan demikian tujuan pendikan seharusnya menjadi dasar untukmengarahkan berbagai proses pendidikan pembelajaran agar mendekatkan dengan lingkungan .dengan demikianpendidikan yang diberikan akan diberikan akan dapat dimaknai dan berguna ketika beradaptasi dengan anak

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun