Sekilas TentangPAUD( Pendiikan Anak Usia Dini)
Undang undang Nomer20 tahun 2003tentang sistem pendidikan anak usia diniBab 1pasal 1 ayat 14 menjelaskan Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enamtahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuandan perkembangan jasmani dan rohani agar memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut
Pendidikan anak usia dini merupakanbentuk penyelanggaraan pendidikan yang menitik beratkan pada peletakkan dasar ke arah pertumbuan dan perkembangan fisik ( kordiansi motorik halus dan kasar ) ,kecerdasan emosi ,kecerdasan spiritual sosio emosional ( sikap dan perilaku beragama) bahasa dan dan komunikasi sesuai keunikan dan tahap tahap perkembangan
Pendidikan bagi anak usia dini adalah pemberian upaya untuk menstimulasi membimbing membimbing mengasuh dan pemberian kegiatan pembelajaran yang akan menghasilkan kemampuan dan keterampilan anak
Pendikan anak usia dini pada dasarnya meliputi upaya dan tindakan yang dilakukan oleh pendidik dan orang tua dalam proses perawatan pengasuhan dan pendidikan pada anak yang menciptakan dengan menciptakan aura dan lingkungan sehingga anak dapat mengeksplorasi berbagia pengalaman belajar yang diperoleh dengan cara mengamati ,meniru dan meniru dan bereksperimen yang berlangsung secara berulang ulang dan melibatkan potensi dan kecerdasan anak
Berkaitan dengan pendidikan anak usia dini terdapat bebarapa masa yang secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi bagaimana seharusnya pendidik mengahadapi anak usia dini
1)Masa peka
Pendidikmemberi kesempatan dan menunjukkan permainan serta alat permainan yang dapat menumbuhkembangpotensi yang sudah memasuki masa peka
2)Masa egosentris
Pendidikharus memahami bahwa anak pada masa ini ditandai dengan seolah olahlah dia mersa paling benar ,keinginan harus dituruti dan sikap mau menang sendiri
Sikap pendidik yaitu memberi pengertian secara bertahap pada anak agar menjadi makhluk sosial yang baik
3)Masa meniru
Pada masa ini peniruaan anak terhadap sesuatu yang ada di sekitarnya meningkat ,yang paling menonjol meniru pembicaraan dan tindakan orang lain
Sikap pendidik yaitu mampu menjadi panutan berperilaku yang baik pada anak
4)Masa berkelompok
Pada masa ini sayogjanya pendidik membiarkan anak bermain diluar rumah, tidak terlalu membatasi anak dalam pergaulan sehinnga anak kelak dan bersosialisasidan beradaptasi dengan lingkungannya
5)Masa eksplorasi
Pada masa ini seorang pendidik harus memahami pentingnya eksplorasi dan membiarkan anak memanfaatkan benda benda yang ada di sekitarnya
6)Masa Pembangkangan
Pendidik disarankan agar tidak boleh marah saat seorang anak membangkang ,selain itu berupa pemberian waktu pendinginan ( cooling down) berupa penghentian aktivitas anak dan membiarkan anak sendiri di kamar ,dan beberapa waktu kemudian member nasihat tentang mengapa harus melakukan itu semua
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H