Bermain social
Maksud dari bermain sosial adalah anak melakukan bermain dengan kelompok dan melakukannya dengan berinteraksi antara individu satu dengan individu yang lainnya. Anak bermain dengan mengutamakan rasa kerjasama
Bermain seorang diri
Anak bermain tanpa menghiraukan apa yang dilakukan oleh anak yang lain disekitarnya. Anak bermain sendiri dengan melihat teman-teman yang lain, mungkin anak berbicara dengan temannya dan mungkin setelah itu anak akan bermain sendiri lagi.
Bermain parallel
Kegiatan bermain yang dilakukan sekelompok anak dengan menggunakan alat permainan yamg sama tetapi, masing-masing anak bermain sendiri-sendiri
Bermain asosiatif
Kegiatan bermain dimana bebrapa anak bermain bersama, tetapi tidak ada suatu organisasi (pengaturan). Ex: Beberapa anak mungkin memilih bermain sebagai penjahat dan lari mengitari halaman, sedangkan anak yang lain mengejar anak yang menjadi penjahat secara bersama-sama
Bermain kooperatif
Dalam permainan ini masing-masing anak mempunyai peran tertentu untk mencapai tujuan bermain. Apabila ada anak yang menolak peranya kemungkinan kegiatan tersebut tidak jadi dilakukan
Bermain soliter
Kegiatan bermain dimana anak tanpa memperhatikan apa yang dilakukan oleh anak yang lain yang ada didekatnya
Nonton/pengamat (onlooker)
Bermain sebagai peKegiatan anak yang sedang bermain sendirian seklaigus melakukan pengamatan apa yang terjadi ditempat anak tersebut berada. Selama anak bermain sebagai penonton ini mungkin kelihatan pasif sementara anak yang lain disekitarnya sedang bermain, tetapi mereka sangat peduli dengan tingkah laku anak-anak yang berada dalam ruangan tersebut
Bermain dengan benda
Bentuk bermain dimana pelakunya melakukan berbagai kemungkinan mengeksploitasi objek yang dipergunakan. Misalnya, anak bermain kartu-kartu bisa saja kartu-kartu tersebut diletakkan berdiri sekan menjadi pagar atau dinding
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H