Tahun 1970, pemilik tim F1 Tyrrell, Ken Tyrrell merasa sangat kecewa dengan performa dari mobil March yang telah dia beli.
Kekecewaannya membuat dia ingin membuat serta mendesain mobil yang sesuai denganapa yang dia kehendaki.
Ken kemudian menugaskan desainer Derek Gardner untuk membuat mobil pertama dari tim ini.
Ken menyuruh Gardner mendesain mobil secara diam-diam di kediaman milik Ken di kota Surrey, Inggris. Proyek yang mereka kerjakan ini diberi kode SP yang berarti Special Project.
Hasil dari proyek ini mereka beri nama Tyrrell 001 dan memulai debut pertamanya di GP Kanada pada bulan September tahun 1970.
Pembalap mereka, Jackie Stewart berhasil meraih pole position namun masalah mekanis membuatnya tak bisa menuntaskan balapan.
Ken telah menghabiskan biaya sebesar 22.500 poundsterling untuk mengembangkan mobil Tyrrell 001 mereka. Namun itu semua merupakan harga yang setimpal ketika dipadukan dengan rencana ambisius Ken untuk mengubah Tyrrell menjadi sebuah tim F1 yang mandiri.
Di tahun 1971, tim ini mendapat kucuran dana dari perusahan minyak raksasa asal Perancis, Elf dan sebuah pekarangan tempat menyimpan gelondongan kayu yang rindang di kota Surrey diubah menjadi tempat pembuatan mobil F1 tim Tyrrell.
Ketika Tyrrell 001 diluncurkan, Gardner telah mengerjakan ulang desain dari mobil ini menciptakan penerurs dari Tyrrell 001, yaitu Tyrrell 002.Â
Mobil ini memiliki dua versi sasis yang berbeda untuk mengakomodasi tubuh dari para pembalap mereka.Â