Mohon tunggu...
Wildan Falatehan
Wildan Falatehan Mohon Tunggu... Lainnya - .

.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengalaman Belajar Filsafat.

29 Januari 2021   14:22 Diperbarui: 29 Januari 2021   14:25 119
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Perkenalkan, Saya Wildan Falatehan Mahasiswa Uhamka Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi S1 Manajemen. Saya membuat tulisan ini untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh dosen saya. Yakni menuliskan pengalaman saya belajar filsafat selama satu semester ini.

Sebelumnya saya akan sedikit memberi gambaran apa saja yang di pelajari ketika belajar Filsafat, dengan menuliskan pengertian dari Filsafat itu sendiri. Filsafat merupakan suatu pembelajaran yang dimana kita dituntut untuk berfikir secara logis dan kritis. Menurut Johann Gotlich Fickte, filsafat adalah ilmu dari ilmu-ilmu, yaitu ilmu umum, yang jadi dasar segala ilmu. Filsafat membicarakan seluruh bidang dan seluruh jenis ilmu untuk mencari kebenaran dari seluruh kenyataan.

Jadi sampai sini sudah ada gambaran ya tentang apa sih filsafat itu. Balik lagi ke inti tulisan ini, yaitu pengalaman saya pribadi saat mengikuti mata kuliah filsafat di semester pertama ini. Saya pertama kali dengar kata filsafat sejak duduk dibangku sma. Ketika itu guru saya sedang menjelaskan tentang ilmuwan-ilmuwan islam. Yang dimana ada salah satu ilmuwan islam yang ahli dalam bidang filsafat seperti Al Kindi dan lainnya.

Menurut saya dalam mempelajari Filsafat ini, kita membutuhkan konsentrasi yang penuh. Karna filsafat membahas segala aspek yang berkaitan tentang ilmu, filsafat juga mempelajari tentang pemikiran pemikiran manusia secara sistematis, kritis, universal dan logis.

Pertama kali saat mengikuti mata kuliah ini, saya sangat berusaha untuk memahami materi yang telah diberikan dan kadang kesulitan untuk menjawab setiap tugas yang juga diberikan oleh dosen. Namun karna berusaha untuk memahami materinya, saya pun dapat menjawab soal yang diberikan.

Mempelajari filsafat menurut saya juga sangat penting. Karna filsafat mengajarkan saya untuk bersifat kritis. Menelaah sebelum menelan informasi yang ada agar tidak salah dalam mendapatkan informasi. Kita juga dapat memecahkan masalah disekitar kita dengan berfikir secara menyeluruh dari setiap pandangan dan memecahkannya dengan pernyataan logis yang dapat diterima oleh semua pihak.

Kesimpulan yang dapat saya buat dari pengalaman saya yakni filsafat merupakan mata kuliah yang butuh konsentrasi lebih, namun kita juga dapat memahaminya jika berusaha dengan sungguh” dan banyak manfaaat ketika kita mempelajari filsafat.

Sekian dari pengalaman saya. Mohon maaf apabila banyak kata atau kalimat yang salah dan sulit untuk dimengerti, karna saya juga masih dalam proses pembelajaran.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

(Wildan Falatehan/Mahasiswa Manajemen FEB UHAMKA).

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun