Mohon tunggu...
Wilda Alufia
Wilda Alufia Mohon Tunggu... -

BANG JAJAH SUKANYA GOYANG ITIK MBAK HINDUP KE PASAR HARI SABTU, AA' GANTENG NENG JUGA CANTIK GAK NYANGKA YA KITA JADI SATU.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

"Mengapa Mereka (Anak Usia Dini) Semua Berbeda?"

14 Maret 2014   03:29 Diperbarui: 24 Juni 2015   00:58 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Tak ada kata bosan dalam membahas masalah pendidikan anak usia dini? kenapa tidak, lihat saja keseruan mereka di sekolah. bermacam-macam aktivitas yang membuat kita ingin measuk kedalam dunianya. dan kadang timbul dalam benak kita, kenapa mereka (anak usia dini) semua berbeda?. Yuk kita cari tahu penyebabnya.

Nah Guys.. pada artikel kali ini saya akan membahas sedikit tentang Faktor-faktor apa saja yng mempengaruhi Perkembangan anak usia dini.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan anak usia dini, diantaranya :

1.Faktor lingkungan

Faktor lingkungan disini maksudnya adalah lingkungan fisik sekolah. Misalnya Letak Sekolah dan Suasana dalam kelas. Seumpamanya Sekolah letaknya di seberang pasar, lingkungan tersebut sangat tidak kondusif karena kita tahu sendiri bagaimana keadaan pasar yang penuh dengan kebisingan suara orang-orang yang lagi jual-beli dan hal itu akan sangat mengganggu kegiatan pembelajaran. dan buatlah suasana kelas semenarik mungkin agar anak bisa lebih semangat lagi untuk belajar.

2.Faktor Sosial

Faktor sosial ini berpengaruh bagi kecakapan sosial anak, dimana anak akan berinteraksi dengan orang-orang disekitarnya, dan anak bisa bersosial dengan teman sebayanya disekolah.

3.Faktor Emosi

perpisahan dengan orang tua dapat menimbulkan gangguan kepribadian pada anak tetapi sebaliknya pemuasan emosional mendorong perkembangan kepribadian anak semakin stabil.

4.Faktor Fisik

Faktor fisik disini maksudnya adalah dimana fisik anak dapat dikontrol dengan baik, misalnya mengatur jam tidur siang, mengatur pola makan anak dan sebagainya. apabila fisik anak kurang membaik, maka akan mengganggu ketenangan dalam belajarnya. maka kondisi fisik anak harus benar-benar dijaga.

5.Faktor Metode terpadu

Dalam kegiatan pembelajaran, sebaiknya guru menggunakan metode pembelajaran yang terpadu karena kita ingat-ingat kembali kalau anak cara berfikirnya masih holistik. dengan metode terpadu tesebut, anak lebih mudah memahami apa-apa yang disampaikan/diajarkan oleh gurunya.

Nah.. itulah beberapa factor yang mempengaruhi Pendidikan anak usia dini.

Selamat Membaca dan semoga bermanfaat .

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun