Mohon tunggu...
Wilda Alufia
Wilda Alufia Mohon Tunggu... -

BANG JAJAH SUKANYA GOYANG ITIK MBAK HINDUP KE PASAR HARI SABTU, AA' GANTENG NENG JUGA CANTIK GAK NYANGKA YA KITA JADI SATU.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Serangakaian Komponen Program PAUD !!!

17 Juni 2014   05:15 Diperbarui: 20 Juni 2015   03:26 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Assalamualaikum Wr.Wb kawan !!!

Pada ulasan artikel ini, saya akan membahas tentang komponen program Pendidikan Anak Usia Dini, Selamat Membaca dan semoga bermanfaat !!!

Secara umum komponen program PAUD meliputi pokok bahasan seperti: kompetensi anak usia dini yang harus dikembangkan, Kurikulum, materi kegiatan, pelaksanaan kegiatan, tempat kegiatan, proses pembelajaran, media pembelajaran, buku administrasi PAUD.

1.Kompetensi anak usia dini yang haru di kembangkan meliputi :

-Nilai Moral dan Nilai Keagamaan. Misalnya : Disiplin, kemandirian, kejujuran, penguasaan terhadap doa sehari-hari dan sebagainya.

-Fisik/Motorik. Pendidik harus mampu merangsang perkembangan fisik dan motorik anak sesuai dengan usia perkembangannya.

-Sosial dan Emosional. Anak dididik untuk dapat mengembangkan kemampuan sosial melalui proses sosialisasi.

-Bahasa. Anak didorong untuk menguasai kemampuan berkomunikasi sesuai dengan masa perkembangannya.

-Kognitif. Perkembangan kognitif anak biasanya terbagi menjadi empat tahapan, yaitu periode  sensorimotorik (usia 0-2 tahun), periode praoperiosaional (2-7 tahun), periode operasional konkrit (7-11 tahun) dan periode operasional formal (usia 11 sampai dewasa).

-Seni. Kemampuan di bidang seni dapat dikembangkan dalam musik, seni tari, seni gambar dan keterampilan lainnya.

2.Kurikulum PAUD

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan belajar serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan untuk mencapai tujuan pendidikan.

3.Pembelajarn

Pembelajaran dilakukan melalui kegiatan bermain dan pembiasaan yang direncanakan dan persiapkan pendidik meliputi materi dan proses pembelajaran itu sendiri.

4.Penilaian (Assesmen)

Kegiatan ini meliputi observasi, konferensi dengan guru lain, survey, wawancara dengan orang tua, hasil kerja anak dan unjuk kerja. Kesemua bentuk penilaian tersebut dapat disusun dalam bentuk portofolio.

5.Pengelolaan Pembelajaran

Dalam mengelola pembelajaran, PAUD harus memperhatikan aspek-aspek sebagai berikut:Keterlibatan anak, Layanan program, yang disesuaikan dengan satuan pendidikan masing-masing, Kegiatan insidental/semester/Tahunan.

6.Administrsi PAUD

Untuk menunjang proses pembelajaran, diperlukan beberapa buku administrasi.

7.Melibatkan peran serta masyarakat

Dalam hal ini, kegiatan PAUD hampir seluruhnya dikelola oleh swasta (masyarakat). Yang perlu dikembangkan adalah peran masyarakat secara umum di lingkungan PAUD itu berada, di mana sebagai lembaga non-formal, PAUD membutuhkan dukungan dari semua komponen masyarakat.

Cukup Sekian dan Terimakasih !!!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun