Guru penggerak itu harus baper dan sulit. Apa itu baper dan sulit? Baper adalah singkatan dari membawa perubahan dan sulit merupakan singkatan dari suka meneliti.
Dalam kurikulum merdeka, seharusnya semua guru mampu membawa perubahan dan suka meneliti. Namun kenyataannya masih banyak guru yang belum membawa perubahan dan suka meneliti.
Perubahan apa yang harus dilakukan oleh seorang guru penggerak? Perubahan yang harus dilakukan adalah waktu mengajar di kelas yang mengalami perubahan. Guru tidak lagi one man show. Guru tidak lagi menjadi pusat pembelajaran dan pembelajaran berpusat kepada murid.
Guru menjadi fasilitator dan murid tidak sekedar mendengarkan apa yang disampaikan guru. Murid benar-benar merasakan pentingnya belajar. Baik secara mandiri maupun kelompok.
Caranya bagaimana? Caranya guru belajar metode paikem. Apa itu paikem? Paikem adalah pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Semua siswa merasakan pembelajaran yang asyik dan menantang. Tak terasa dua jam pelajaran begitu cepat berlalu dan murid merasakan senang belajar.
Sewaktu Omjay belajar di negara china tahun 2019, Omjay melihat dengan mata kepala sendiri bagaimana seorang guru mampu membelajarkan muridnya yang berjumlah 50 orang. Selama dua jam itu guru tidak duduk dan terus menerus memberikan pelayanan kepada semua murid sehingga mereka aktif dalam kelompoknya masing-masing.
Inspirasi dari guru china itu, Omjay tuliskan dalam sebuah buku yang berjudul berburu ilmu di negeri panda yang lucu. Alhamdulillah sudah seribu lebih buku itu dicetak dan masih Omjay cetak kalau ada yang pesan.
Selain hal di atas, guru penggerak seharusnya mampu meneliti di kelasnya. Kemudian dituliskan dalam penelitian tindakan kelas atau PTK yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit pembelajaran sehingga guru menemukan obatnya dalam pembelajaran di kelas.
Mohon maaf aksi nyata yang dilakukan seorang guru saat ini lebih banyak rekayasa dan guru seolah-olah telah berhasil dalam pembelajaran di kelas. Sesuatu yang penuh dengan rekayasa akan berujung kepada kualitas pembelajaran. Pada akhirnya raport pendidikan sekolahnya tidak menunjukkan hal baik. Sebab kualitas pembelajaran yang baik itu tidak bisa dibohongi.
Oleh karena itu, guru penggerak harus sulit alias suka meneliti di kelasnya sendiri. Dengan begitu guru akan tahu apa yang harus dilakukannya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.