Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Siapa membantu guru agar menjadi pribadi yang profesional dan dapat dipercaya. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Inilah 20 Soal Informatika Kelas 8 SMP

22 Juni 2023   06:53 Diperbarui: 22 Juni 2023   07:02 7188
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Input sumber gambar dokpri

Berikut ini adalah contoh soal-soal pilihan ganda mata pelajaran Informatika kelas 8 SMP. Kami di Persatuan Guru Republik Indonesia, sudah membuat buku informatika dari jenjang SD< SMP< SMA, dan SMK. Silahkan hubungi Omjay bila ingin memesan salah satu bukunya.

1. Informatika adalah sebuah disiplin ilmu yang mencari pemahaman dan mengeksplorasi dunia di sekitar kita, baik natural (dunia dan alam sekitar kita) maupun artifisial (dunia maya, atau dunia digital yang diciptakan manusia). Informatika juga berkaitan dengan studi, pengembangan, dan implementasi dari sistem komputer, serta pemahaman terhadap prinsip-prinsip dasar pengembangan yang didasari pada pemahaman dunia nyata dan dunia artifisial tersebut. Ilmu informatika tidak eksklusif, tetapi banyak bersinggungan dengan bidang ilmu lain karena luasnya kemungkinan eksplorasi masalah yang akan diselesaikan.

A. Kurang setuju

B. Ragu-ragu

C. Setuju

D. Tidak setuju

2. Setelah mempelajari bab Algoritma Pemrograman, kalian mampu untuk melanjutkan pemrograman dengan Scratch dan mengenal bahasa/tools baru yang sejenis dengan Scratch yang disebut Blockly, dimana Blockly lebih dekat ke bahasa pemrograman

A. Prosedural

B. Kontekstual

C. Konvensional

D. Struktural

3. Bermain itu memang asyik dan menyenangkan. Apakah saat bermain games kalian memetik pelajaran dari permainan? Ada beberapa permainan yang juga dapat mengasah kemampuan pemrograman, salah satunya adalah Blockly Games. Berbagai konsep dasar pemrograman seperti percabangan dan perulangan dapat kalian pelajari melalui games tersebut. Bagian mana yang paling menarik dan menantang?

A. Sprites dengan Blockly

B. Blockly Games

C. ketiga Jawaban Benar (Blockly Games, Sprites dengan Blockly, dan Pemrograman Prosedural)

D. Pemrograman Prosedural

4. Untuk dapat membantu manusia menyelesaikan berbagai persoalan, komputer harus diprogram terlebih dahulu. Dengan program, komputer akan mampu menjalankan instruksi-instruksi tertentu. Instruksi-instruksi ini tersusun dari berbagai komponen seperti variabel, ekspresi logika, percabangan, perulangan, dan lain-lain. Komponen tersebut diwujudkan menjadi blok visual, dan dikenalkan melalui pemrograman visual seperti Scratch dan Blockly. Komponen-komponen ini dapat disusun dengan mudah melalui blok-blok yang dapat di-drag-and-drop, dan saat dijalankan, program dapat dikontrol serta bereaksi terhadap tindakan pengguna.

Select one:

True

False

5. Berikut ini adalah penjelasan singkat untuk setiap permainan yang disediakan di Blockly Games.. Pemain harus menyusun blok-blok yang berisi keterangan dan foto hewan ke blok hewan yang sesuai. Kalian akan belajar mengenali blok yang digunakan pada Blockly. Melalui permainan ini, kalian juga dapat belajar tentang kosakata (vocabulary) dalam bahasa Inggris dan informasi tentang beberapa hewan.

A. Maze

B. Puzzle

C. Turtle

D. Bird

6. Berikut ini adalah penjelasan singkat untuk setiap permainan yang disediakan di Blockly Games.. Pemain harus menyusun blok-blok yang berisi keterangan dan foto hewan ke blok hewan yang sesuai. Kalian akan belajar mengenali blok yang digunakan pada Blockly. Melalui permainan ini, kalian juga dapat belajar tentang kosakata (vocabulary) dalam bahasa Inggris dan informasi tentang beberapa hewan.

A. Maze

B. Puzzle

C. Turtle

D. Bird

7. Berikut ini adalah penjelasan singkat untuk setiap permainan yang disediakan di Blockly Games. Pemain diminta untuk menggerakkan sprite agar berjalan sampai tujuan. Dalam permainan ini, kalian akan mengasah kemampuan logika berpikir kalian sehingga dapat menyelesaikan setiap levelnya.

A. Movie

B. Turtle

C. Bird

D. Maze

8. Berikut ini adalah penjelasan singkat untuk setiap permainan yang disediakan di Blockly Games. Pemain diminta untuk menggerakkan ......... agar dapat mengambil cacing dan sampai ke sarangnya. Sama seperti permainan maze, kalian akan mengasah logika berpikir kalian. Selain itu, di permainan ini kalian juga belajar tentang koordinat dan sudut.

  • Turtle
  • Bird
  • Movie
  • Music

9. Berikut ini adalah penjelasan singkat untuk setiap permainan yang disediakan di Blockly Games. Pemain diminta untuk menggerakan ........ untuk menggambar sesuai pola yang disediakan. Kalian akan belajar tentang pengenalan pola serta perulangannya.

A. Puzle

B. Turtle

C. Movie

D. Music

10. Berikut ini adalah penjelasan singkat untuk setiap permainan yang disediakan di Blockly Games. Pemain diminta untuk membuat sprite sederhana dan menggerakkannya sesuai instruksi. Dalam permainan ini, kalian akan belajar tentang cara pembuatan animasi, yang dimulai dari gambar awal dan gambar akhir serta ada interval (range) waktu diantaranya.

A. Pond

B. Music

C. Movie

D. Pond Tutor

11. Berikut ini adalah penjelasan singkat untuk setiap permainan yang disediakan di Blockly Games. Pemain diminta untuk membuat musik sederhana berdasarkan not balok yang diberikan. Permainan ini juga mengenali pola seperti turtle, hanya saja pada turtle adalah pola gambar, sedangkan pada permainan music adalah pola not balok atau suara yang dikeluarkan.

A. Turtle

B. Music

C. Movie

D. Bird

12. Berikut ini adalah penjelasan singkat untuk setiap permainan yang disediakan di Blockly Games. Permainan ini merupakan lanjutan dari permainan Pond Tutor. Pada permainan ini, sprite pemain memiliki 3 lawan. Kalian dapat memilih untuk menyelesaikan permainan ini menggunakan blok kode atau kode langsung dalam Javascript.

A. Movie

B. Turtle

C. Music

D. Pond

13. Dalam dunia grafika komputer, ........adalah komponen dalam sebuah program yang merupakan gambar bitmap dua dimensi. ......... banyak digunakan untuk menggambarkan objek seperti tokoh karakter atau benda lain, baik diam maupun bergerak. ............yang bergerak sebenarnya memanfaatkan perubahan posisi dari ....... atau menggunakan gambar lain sehingga seolaholah terjadi animasi.

A. lemontea

B. Cocacola

C. Fanta

D. Sprite

14. Tujuan Pembelajaran Dampak Sosial Informatika adalah kalian mampu menjelaskan kegunaan media sosial serta dampak positif dan negatifnya, menjelaskan cyberbullying dan jenis-jenisnya, mengkaji kritis informasi atau berita dari media online, menyimpulkan apakah berita tersebut merupakan berita bohong atau bukan, dan mengkaji kritis kasus perundungan untuk mengantisipasinya.

Apakah kalian pernah mendengar Instagram? Twitter? Tiktok? Nama-nama tersebut adalah nama aplikasi media sosial. Mungkin kalian sudah memiliki aplikasi tersebut dan menggunakannya. Selain memberikan manfaat, sadarkah kalian bahwa aplikasi tersebut mempunyai dampak negatif ? Apakah kalian pernah mendengar istilah hoax atau kabar bohong? Cyberbullying? Berhatihatilah karena di media sosial, banyak sekali informasi atau berita yang salah, menyesatkan, atau tidak benar. Media sosial juga sangat potensial untuk menjadi tempat melakukan cyberbullying.

A. Setuju

B. Kurang Setuju

C. Ragu-ragu

D. Tidak Setuju

15. Media sosial merupakan salah satu teknologi yang dihasilkan dari perkembangan revolusi komputasi. Media sosial adalah media interaktif yang memungkinkan penggunanya untuk berkreasi, menuliskan ide dan ekspresi, serta membagikan informasi tersebut dalam komunitas virtual. Komunitas virtual tersebut berjalan di atas jaringan komputer atau internet. Media sosial sering disebut produk Web 2.0, dimana pengguna dapat menciptakan kontennya sendiri. .......................dan ...................... mendefinisikan media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 dan memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content".

A. Anton Kaplan dan Michael How

B. Andreas Kaplan dan Michael Haenlein

C. Andreas Kapau dan Michael Jourdan

D. Andi Kaplan dan Michael Hasan

16. ..............adalah sebuah proses yang digunakan untuk meminta masukan dari pengguna dan hasil masukannya akan disimpan dalam sebuah variable. Input pada Scratch menggunakan blok [ask and wait] pada kategori Sensing dan dapat ditempatkan pada blok kode sprite manapun.

A. Proses

B. Input

C. Output

D. Variabel

17. ................. adalah sebuah nama yang digunakan untuk menyimpan sebuah nilai, dan nilai yang disimpan dapat diubah dengan blok [set variable to] atau [change variable by]. Variable dapat dikenali di semua Sprite (global variable) atau hanya dikenali di Sprite yang aktif saat Variable dibuat (local variable).

A. Input

B. Proses

C. Output

D. Variable

18. Kode .................. pada Scratch dapat mengatur jalannya program, yaitu pengulangan dan kondisi. Dengan kode Control yang tepat, kode program yang dibuat dapat menjadi lebih sederhana.

A. Control

B. Input

C. Ouput

D. Variable

19. ..................... adalah sebuah block pada Scratch yang dapat kalian buat sendiri dan dapat disesuaikan fungsinya. Dalam konsep pemrograman pada umumnya, Custom Block dapat dianggap sebagai fungsi/prosedur. Kalian akan mempelajari lebih lanjut tentang fungsi/prosedur pada tahap selanjutnya. Untuk saat ini, kalian akan mencoba penggunaan Custom Block pada Scratch lebih dulu.

A. Control

B. Skenario

C. Custom Block

D. Variable

20................. adalah suatu tools yang dapat membantu membuat program sederhana dengan menggunakan blok-blok, seperti halnya Scratch. Dengan menggunakan Blockly, proses pengetikan kode program digantikan dengan menggabungkan blok-blok. Kalian dapat melakukan drag and drop pada blok-blok ini. Blok-blok ini merepresentasikan konsep-konsep dasar pemrograman seperti variabel, ekspresi logika, looping, dan lain-lain.

A. Strach

B. Blockly

C. Puzzle

D. Bobby

21. Pada Blockly, blok-blok yang sudah disusun dapat langsung diterjemahkan ke berbagai bahasa pemrograman seperti JavaScript, PHP, Python, dan lain-lain. Hal inilah yang membedakan antara Blockly dengan Scratch yang pernah kalian pelajari sebelumnya

Select one:

True

False

Semoga LATIHAN SOAL INI bermanfaat untuk belajar informatika. Ayo kita belajar informatika. Untuk buku informatika gratis dapat anda unduh di website kementrian pendidikan dan kebudayaan riset dan teknologi.

https://static.buku.kemdikbud.go.id/content/pdf/bukuteks/kurikulum21/Informatika-BS-KLS-VIII.pdf

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Guru Blogger Indonesia

Blog https://wijayalabs.com

Input sumber gambar dokpri
Input sumber gambar dokpri

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun