Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Siapa membantu guru agar menjadi pribadi yang profesional dan dapat dipercaya. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Soal-soal Informatika Kelas 7

11 Juni 2023   19:10 Diperbarui: 11 Juni 2023   19:15 15282
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Input sumber gambar dokpri

Soal-soal Informatika Kelas 7 SMP

SOAL UJIAN INFORMATIKA KELAS 7, semoga bermanfaat buat pembaca kompasiana.

1. Inilah beberapa prinsip yang perlu dipahami oleh siswa dalam mempelajari Informatika, kecuali:

  • Informatika didasari berpikir komputasional (computational thinking) sebagai landasan berpikir. Berpikir merupakan elemen paling penting dalam belajar.
  • Informatika bukan hanya memakai komputer, tetapi juga memakai aplikasi. Informatika adalah salah satu cabang ilmu seperti halnya matematika, biologi, dan ekonomi.
  • Informatika terdiri atas konsep dan praktik, dikemas dalam aktivitas pembelajaran yang diharapkan akan menjadi pengalaman belajar yang menyenangkan, bermakna, dan berkesan.
  • Pembelajaran Informatika tidak akan mendidik kalian menjadi pencipta di dunia digital, dan hanya sebagai pengguna teknologi

Jawaban: D

2. Informatika adalah bidang ilmu mengenai studi, perancangan, dan pembuatan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan tersebut. Komputasi adalah ilmu yang berkaitan dengan pemodelan matematika dan penggunaan komputer untuk menyelesaikan masalah-masalah sains. Istilah informatika sepadan dengan istilah dalam bahasa Inggris yang disebut:

  • informatics, computing, atau computer science.
  • informatics, computing, atau computer sains.
  • informatics, computer, atau computer science.
  • informatika, computing, atau computer science.

Jawaban: A

3.  Berpikir Komputasi adalah kemampuan seseorang memecahkan masalah, merancang sistem, dengan mengambil konsep dasar seorang ahli teknologi informasi berpikir dalam memecahkan masalah. Kemampuan ini meliputi empat hal, yakni:

  • Dekompositor, Pengenalan pola, Abstraksi, Algoritma
  • Dekomposisi, Pengenalan kepala, Abstraksi, Algoritma
  • Dekomposisi, Pengenalan pola, Abstraksi, Algoritma
  • Dekomposisi, Pengenalan pola, Abstraksi, matematika

Jawaban: C

4.  Ada 8 elemen informatika yang perlu kalian ketahui. Kedelapan elemen itu adalah:

  • TIK: Teknologi Informasi dan Komunikasi, SK: Sistem Komunitas, JKI: Jaringan Komputer/Internet, AD: Analisis Data, AP: Algoritma dan Pemrograman, DSI: Dampak Sosial Informatika, PLB: Praktika Lintas Bidang, BK: Berpikir Komputasional.
  • TIK: Teknologi Informasi dan Komunikasi, SK: Surat Keputusan, JKI: Jaringan Komputer/Internet, AD: Analisis Data, AP: Algoritma dan Pemrograman, DSI: Dampak Sosial Internet, PLB: Praktika Lintas Bidang, BK: Bimbingan Konseling.
  • TIK: Teknologi Informasi dan Komputer, SK: Sistem Komputer, JKI: Jaringan Komputer/Internet, AD: Analisis Data AP: Algoritma dan Pemrograman, DSI: Dampak Sosial Informatika, PLB: Pengembangan Lintas Bidang, BK: Berpikir Komputasional.
  • TIK: Teknologi Informasi dan Komunikasi, SK: Sistem Komputer, JKI: Jaringan Komputer/Internet, AD: Analisis Data AP: Algoritma dan Pemrograman DSI: Dampak Sosial Informatika, PLB: Praktika Lintas Bidang, BK: Berpikir Komputasional.

Jawaban: D

5. Keterampilan dalam membuat coding di komputer dapat mengasah keahlian berpikir komputasi. Beberapa pakar pendidikan dan pendiri Microsoft, Facebook, serta pembuat software game Minecraft bahkan membuat kurikulum coding dasar bagi anak-anak. Semua yang mereka lakukan, tidak lain untuk memperkenalkan cara berpikir komputasi melalui modifikasi games dan pembuatan games. Namun berpikir komputasi dapat dilakukan tanpa akses pada komputer. Kemampuan memecahkan masalah ini dapat dikembangkan di berbagai bidang, tidak hanya di bidang studi yang berkaitan dengan Teknologi Informasi. Pernyataan di bawah ini benar, kecuali:

  • Pada bidang Informatika, siswa diajarkan memasak indomie, dan bernyanyi.
  • Pada bidang bahasa, anak akan melihat pola-pola yang sama dalam analisis sebuah puisi.
  • Dalam bidang musik, anak dapat menggunakan kemampuan ini untuk menggubah suatu lagu dengan kunci dasar yang sama.
  • Dalam pelajaran sosial, siswa dapat merekam data statistik pengguna kendaraan bermotor dan pola pelanggaran yang terjadi di jalan.

  • Jawaban: A

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun