Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Siapa membantu guru agar menjadi pribadi yang profesional dan dapat dipercaya. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mudahnya Menulis Buku

7 Oktober 2021   08:14 Diperbarui: 7 Oktober 2021   08:17 90
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kata Pengantar Guru Blogger Indonesia

Untuk Buku Mudahnya membuat Buku Karya Ibu Nurochmah

Pagi ini saya ditelpon ibu Nurochmah. Beliau akan menerbitkan buku dengan judul Mudahnya Membuat Buku. Sebuah buku yang merupakan kumpulan resume dari kelas belajar menulis bersama Omjay dan kawan-kawan di PGRI.

Saya dikirimi beliau draft naskah bukunya melalui aplikasi WA. Isinya sangat bagus sekali untuk anda baca. Terutama buat para penulis pemula yang ingin belajar menulis dan menerbitkan bukunya. Kami merekomendasikan buku ini untuk anda pesan dan kemudian membaca isi bukunya dengan seksama.

Setiap orang mempunyai alasan pribadi mengapa harus menulis. Hal ini diantaranya adalah; menuangkan pengalaman pribadinya, menuangkan ide, pikiran, supaya tidak lupa, sebagai kebutuhan yang bersifat akademik, sebagai prasyarat ingin naik pangkat, sebagai hobi berliterasi, mengabadikan nama, memburu rupiah dan mencari ketenaran, mengisi waktu senggang dan masih banyak alasan lainnya dalam membuat tulisan.

Kalau saya mempunyai alasan tersendiri. Menulis bagi saya sudah merupakan kebutuhan, seperti halnya makan dan minum. Kalau tidak menulis saya merasa kelaparan, dan kalau tidak membaca saya merasa kehausan. Menulis dan membaca adalah aktivitas yang saya lakukan setiap harinya.

Saya menulis juga untuk ikut mengkampanyekan GLS. Gerakan Literasi Sekolah bertujuan menumbuhkan budaya membaca dan menulis (berliterasi) pada warga sekolah baik kepala sekolah, peserta didik, dan guru yang berujung pada kemampuan memahami informasi secara analitis, kritis, dan reflektif. Gerakan Literasi Sekolah menciptakan lingkungan sekolah menjadi lingkungan pembelajaran sepanjang hayat dengan membudayakan membaca yang tidak sekedar membaca dan menulis yang tidak sekedar menulis saja.

Menulis adalah pekerjaan yang mulia, dihormati dan dihargai khalayak ramai secara sosial. Kemampuan menulis sebagai indikator atau kemampuan intelektual seseorang dalam mengeluarkan idenya bagian dari intelektual seseorang. Semakin banyak menulis, maka kita akan dianggap pakar di bidangnya. Saya menulis di blog, makanya saya terkenal dengan sebutan guru blogger Indonesia.

Banyak orang ingin menjadi penulis. Seiring dengan perjalanan waktu, akan banyak alasan dibuat. Antara lain, mempunyai mimpi menjadi penulis agar terwujud. Kemudian berkomitmenlah dan bersungguh-sungguhlah agar bisa mewujudkannya. Ayo wujudkan mimpi itu dengan cara menulis setiap hari dan buktikan apa yang terjadi.

Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Saya ingin menjadi manusia terbaik dan bermanfaat bagi orang lain. Wujud ilmu yang bisa disumbangkan adalah dalam bentuk buku berupa karya yang kita tuliskan. Saya menulis di blog dan kemudian saya rajut menjadi buku yang bermutu. Mudahnya menulis akan anda rasakan setiap hari, bila anda rajin berlatih menulis di blog pribadi.

Selain itu, supaya lancar menulis, saya mendaftar kelas online. Mengikuti Kelas menulis, adalah salah satu cara saya menerbitkan buku. Saat masa pandemi ini, banyak dibuka kelas menulis online GRATIS. Seperti Kelas Menulis PGRI yang diinisiasi oleh OmJay dan kawan-kawannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun