Sejak wabah Corona melanda dunia, termasuk Indonesia yang telah lebih empat  bulan lamanya, salah satu dampak dari pandemi Covid19 ini adalah kegiatan pembelajaran antara siswa dan guru terpisah oleh ruang dan waktu dengan pembelajaran jarak jauh yang biasa disingkat PJJ.Â
Pembelajaran terpaksa dilaksanakan dari rumah masing-masing. Siswa dan guru sama-sama belajar dari rumah (BDR). Hal yang perlu diperhatikan dari pembelajaran jarak jauh ini agar tercipta pola belajar yang efektif adalah "di sini senang, di sana senang" guru dan siswa harus sama-sama senang.
Silahkan simak beberapa guru dan sekolah bercerita pengalaman mereka mengadakan PJJ selama pandemi, sebagai contoh bagi guru/sekolah lain untuk mengikuti jejak mereka memakai metode apa yang paling cocok & tepat untuk kondisi di Indonesia selama pandemi dan sesudahnya :Â
- Pengalaman dari seorang kepala sekolah sebuah sekolah yang sudah 3 tahun menerapkan Kelas Digital, Â tidak memakai buku cetak sejak dulu, latihan soal & ujian sudah pakai online. Setiap siswa cuma membawa tablet setiap hari ke sekolah. Sehingga pada saat terjadi pandemi dan siswa harus belajar dari rumah maka mereka tidak mengalami kesulitan dalam belajar dan asesmen.Â
- Bagaimana guru bisa melakukan kontrol tiap hari kepada para siswa yg belajar dari rumah, sesuai prinsip 'merdeka belajar' namun dikontrol dengan asesmen yang mudah dan secure , sehingga para siswa terpacu untuk tetap belajar tanpa perlu diawasi, siswa akan berbuat curang juga susah. Dengan dilakukan 'Game' setiap hari maka siswa akan terpacu untuk tetap belajar dengan kesadaran sendiri.Â
- Pengalaman sebuah sekolah yang setelah pandemic berpindah ke kelas digital karena harus PJJ, awalnya bingung setelah menemukan aplikasi yang tepat ternyata pilihan ke digital adalah tepat sekali.Â
- Bagaimana seorang guru yang sudah berpengalaman melakukan pembelajaran secara luring dan daring dengan memanfaatkan bermacama teknologi  baik untuk pembelajaran sehari-hari dan untuk evaluasi pembelajaran  secara online maupun secar aoffline. Sehingga tahu mana yang hemat biaya kuota internet, dan tepat guna.Â
Ada beberapa unsur yang harus diperhatikan agar dapat menciptakan Pola Belajar yang Efektif dari Rumah yaitu :
- Pola
- Belajar
- Efektif
- Rumah
Pola : menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2002: 885) pola adalah suatu system kerja atau cara kerja sesuatu. Sedangkan menurut Kamus antropologi, pola adalah rangkaian unsur-unsur yang sudah mantap mengenai suatu gejala dan dapat dipakai sebagai contoh dalam menggambar atau mendeskripsikan gejala itu sendiri (Suyoto, 1985: 327).
Belajar adalah suatu proses perubahan kepribadian seseorang di mana perubahan tersebut dalam bentuk peningkatan perilaku, seperti peningkatan pengetahuan, keterampilan, daya pikir, pemahaman, sikap, dan berbagai kemampuan lainnya. Menurut Skiner, pengertian belajar adalah suatu proses adaptasi atau penyesuaian tingkah laku yang berlaku secara progresif. Sedangkan C.T Morgan mendefinisikan belajar adalah suatu perubahan yang relative dalam menetapkan tingkah laku sebagai akibat dari pengalaman yang telah lalu.
Bisa dibaca di https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-belajar.html
Efektif bisa diartikan sebagai suatu yang dapat mencapai tujuan maksimal yang diharapkan. Pengertian efektif merupakan suatu usaha yang dilakukan secara maksimal sesuai yang diharapkan, selain itu efektif juga bisa diartikan sebagai salah satu usaha yang tidak pernah lelah sebelum harapan yang di inginkan belum tercapai. (https://pengertiandefinisi.com/pengertian-efektif/).
Sementara rumah adalah salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu. Rumah yang nyaman dapat memberikan kenyamanan bagi yang menepati rumah tersebut.
Berdasarkan definisi-definisi di atas, pola Belajar efektif dari rumah dapat diartikan sebagai suatu susunan kegiatan yang dapat di gunakan untuk melakukan proses perubahan tingkah laku yang maksimal dari suatu tempat yang nyaman agar dihasilkan sesuai dengan yang diharapkan.