Mulai Tahun ajaran ini, saya mendapat tugas baru mengajar Pendidikan Lingkungan Kesenian Jakarta (PLKJ). Terus terang saya masih mencari bentuk pembelajaran yang tepat agar materi PLKJ kelas 7 dapat diterima oleh anak-anak peserta didik saya. Mereka tentu tidak saya minta untuk menghafalkan isi buku, tetapi mampu memahami materi pelajaran. Bila mereka paham, pasti mereka dapat mengerjakan soal ujian apapun bentuknya.
[caption id="attachment_190203" align="aligncenter" width="448" caption="Yuk Menciptakan Pembelajaran aktif dan menyenangkan"][/caption]
Untuk bisa memahami materi pelajaran, saya mencoba menerapkan beberapa metode pembelajaran. Salah satunya adalah metode pembelajaran dengan pembagian kelompok. Dimana para siswa bekerja secara kelompok, dan mengurangi peran guru yang terkadang terlalu dominan dalam mengajar. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok sesuai dengan jumlah siswa di kelas.
Alhamdulilah, ternyata cara ini efektif, dan peserta didik senang dalam penugasan yang diberikan oleh guru. Mereka antusias berdiskusi dengan sesama kelompoknya. Belajarpun menjadi aktif dan menyenangkan. Semua kelompok menghasikan produk yang hasilnya sungguh luar biasa. Mereka pun menjadi terbiasa bekerja secara kolaborasi. Bukankah kolaborasi akan meningkatkan prestasi tinggi?
Berikut ini saya share sedikit foto-fotonya. Semoga bermanfaat.
Salam Blogger Persahabatan
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H