Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Siapa membantu guru agar menjadi pribadi yang profesional dan dapat dipercaya. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Membacalah Sebelum Tidur!

29 Desember 2009   15:56 Diperbarui: 26 Juni 2015   18:43 598
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

[caption id="attachment_45350" align="alignleft" width="300" caption="Membacalah Sebelum Tidur!"][/caption]

Semoga di malam yang semakin gelap gulita ini membawa kita semakin menyadari akan pentingnya hidup ini. Semoga pula kehidupan yang kita jalani sekarang ini telah benar-benar berada dalam real ajaran agama Allah, dan selalu ingat bahwa akan ada hidup sesudah mati. Hidup hanya satu kali, oleh karenanya isilah hidupmu dengan banyak membaca dan menulis.

Pembaca kompasiana yang baik hatinya,

Kebiasaan saya sebelum tidur adalah membaca. Dengan membaca saya merasakan ada pengetahuan baru hari ini yang saya dapatkan. Dengan membaca saya serasa mendapatkan segudang informasi yang dapat saya manfaatkan untuk kehidupan saya sehari-hari. Juga sebagai bahan untuk tulisan-tulisan saya yang memerlukan referensi. Tulisan ilmiah harus jelas dari mana didapatkan teorinya, sedangkan tulisan alamiah ya seperti ini, mengalir bagai air.

Membaca bisa dari mana saja, membaca buku, membaca koran, majalah, dan juga sejumlah tulisan yang menarik di internet. Baik itu di blog kompasiana maupun blog menarik lainnya. Namun, terkadang ada satu hal yang terkadang terlupakan, saya kurang banyak membaca Kalam Ilahi. Membaca isinya dengan sepenuh hati. Membaca firman Allah yang terdiri dari 114 surat, dituliskan secara detail dalam ayat-ayatnya. Padahal seluruh isi Al-Quran sudah ada dalam laptop saya, tinggal diputar lalu dibaca. Bisa juga dengan MP3, Kalam Ilahi serasa enak terdengar di telinga dan nyaman di hati.

Saya suka malu juga bila kedua anak saya mengingatkan saya kalau ayahnya belum membaca Al-Qur'an hari ini. Kalau sudah begitu, saya harus jujur mengatakan pada mereka bahwa saya belum membaca Al-Quran. Lalu kami pun saling mengingatkan untuk selalu membaca Al-Qur;an setiap harinya. Mudah kelihatannya, tapi sulit untuk menjalankannya. Sebab godaan utama bukan berasal dari orang lain tetapi dari dalam diri kita sendiri yang selalu menggampangkannya. Biasanya saya selalu mengatakan dalam hati, "baca koran dulu akh, baru nanti membaca Al-Qur'an". Padahal seharusnya baca Al'Qur,an dulu di pagi hari  baru kemudian baca koran. Melihat berita yang terjadi kemarin dan hari ini.

Semoga di hari-hari mendatang, di tahun 1431H saya dapat konsisten untuk tetap terus membaca sebelum tidur. Lebih konsisten dalam membaca ayat-ayat Allah setiap harinya di dalamAl-Qur'an. Membaca dan mencari ilmu Allah sebanyak-banyaknya dan menyebarkan pengetahuan yang saya miliki untuk kebermanfaatan orang banyak. Almarhum ayah selalu mengingatkan kepada saya bahwa, :sebaik-baik manusia itu adalah manusia yang bermanfaat untuk orang lain".

Sudahkah anda membaca sebelum tidur? Menyempatkan diri untuk juga membaca Kalam Ilahi agar hati menjadi tenang, jiwa menjadi lapang. Sudahkah anda melakukannya?

Salam Blogger Persahabatan Omjay

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun