Mohon tunggu...
Muhammad Akmal Wijayanto
Muhammad Akmal Wijayanto Mohon Tunggu... Lainnya - pelajar/mahasiswa

Saya adalah seorang yang suka bermain alat musik hampir semua alat musik yg saya bisa mainkan tapi hanya beberapa yg saya dalami seperti alat musik gitar dan drum.Saya suka musik karena musik sebagai wadah saya menyampaikan emosi saya dan juga sebagai penenang atau penghibur dikala saya merasa sedang tidak baik baik saja.Disamping itu saya juga olahraga hampir semua olahraga saya sukai seperti sepakbola,futsal,renang,lari,hiking dan masih banyak lainya.Saya menyukai olahraga karena itu merupakan hiburan bagi saya dan saya merasa senang ketika saya melakukan itu.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kekerasan Seksual akan Memengaruhi Generasi Emas Indonesia?

23 Januari 2024   12:01 Diperbarui: 23 Januari 2024   12:05 364
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://static.promediateknologi.id/crop/0x0:0x0/0x0/webp/photo/radarsolo/2023/05/pelecehan-seksual-anak-perempuan.jpg

Kekerasan seksual di Indonesia masih menjadi sorotan karena kasusnya yg belum dapat teratasi bahkan semakain kesini kasusnya juga semakin bertambah.

Di input dari blog Databoks ada sekitar 19ribu laporan kasus mengenai pelecehan seksual di Indonesia per januari sampai 27 september 2023.

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/27/ada-19-ribu-kasus-kekerasan-di-indonesia-korbannya-mayoritas-remaja
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/27/ada-19-ribu-kasus-kekerasan-di-indonesia-korbannya-mayoritas-remaja

Kasus ini bukanlah yang pertama di Indonesia tapi jika terus menerus tidak bisa dihentikan dan tidak dapat diatasi bukankah kekerasan seksual ini dapat mengancam generasi emas Indonesia.

Dari data diatas diperoleh bahwa korbanya lebih banyak berkelamin Perempuan dengan jumlah sekitar 17.300 dan 3.900an berkelamin laki laki.

Korban kebanyakan adalah usia remaja yang merupakan usia yang seharusnya dipersiapkan untuk menjadi pemimpin pemimpin bangs ini untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Perlu kita cermati banyak beberapa factor yang meyebabkan kekerasan seksual tersebut terjadi diantaranya:

  • Mempunyai Riwayat kekerasan seksual di masa lalu sehingga menyebabkan ketergangungan ingin melakukanya lagi
  • Adanya kelainan pada kelamin oknum tersebut
  • Rendahnya pendidikan sehingga oknum tidak berfikir lebih jauh ketika akan melakukan tindak kekerasan seksual tersebut
  • Tidak adanya kestabilan pada emosialnya
  • Kurangnya pengawasan orang tua terhadap tingkah laku dan cara berpakaian anak tersebut sehingga dapat menimbulkan hasrat seksual oknum meningkat

Tidak bijaknya dalam menggunakan sosial media terutama post post foto.Dari kasus tersebut sebaiknya kita lebih hati hati dan was was agar kita bisa terhindar dari pelecehan seksual karena kita sebagai kaum muda penerus bangsa yang akan disiapkan sebagai pemimpin bangsa Indonesia ini.Dan kita juga harus lebih bijak dalam bersosial media agar mengurangi resiko terjadinya pelecehan seksual tersebut.Hukuman bagi pelaku juga harus ditambah agar bisa menimbulkan efek jera bagi pelaku kekerasan seksual tersebut.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun