Mohon tunggu...
Widya Pratiwi
Widya Pratiwi Mohon Tunggu... Guru - Guru

Membaca

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Memperkenalkan 4 Kata Ajaib pada Peserta Didik kelas 5

21 Juli 2024   01:16 Diperbarui: 21 Juli 2024   01:23 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Masa MPLS adalah kegiatan untuk mengenal lingkungan sekolah. Kegiatan MPLS bertujuan supaya peserta didik bisa beradaptasi dengan lingkungan sekolah, kelas dan guru. 

Mereka mengikuti kegiatan MPLS dengan sangat antusias karena banyak kegiatan yang dilakukan bersama wali kelas yang baru. Salah satu yang saya lakukan pada saat kegiatan MPLS adalah memperkenalkan kepada peserta didik tentang 4 kata ajaib yaitu maaf, tolong, terimakasih dan permisi. 

Karena saya ingin menanamkan nilai kesopanan pada peserta didik saya meskipun dengan 4 kata yang sederhana tetapi mereka bisa menerapkannya di kehidupan dan percakapan sehari-hari. 

Mereka bisa mempergunakannya kepada siapapun baik itu dengan teman, saudara, orangtua dan guru. Harapan saya dengan melakukan pembiasaan bertutur kata yang sopan dan santun nantinya akan membentuk karakter peserta didik dan membantunya  berkomunikasi dengan lingkungan di luar sekolah dan rumah. 

Cara saya mengenalkan pada peserta didik yaitu dengan memberikan penjelasan penggunaan masing-masing kata kemudian saya ajak mereka bernyanyi dengan judul 4 kata ajaib. Dengan semangat dan keantusiasan mereka saya yakin pembiasaan yang positif yang kita terapkan akan timbul rasa saling menghargai dan menghormati sehingga dapat membentuk karakter peserta didik yang mencerminkan profil pelajar pancasila yang berakhlak mulia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun