Mohon tunggu...
Widya Marcelina
Widya Marcelina Mohon Tunggu... Lainnya - Communication UAJY 2020

Communication UAJY 2020 // I am going to do what I want to do. I'm going to be what who I really I am. I'm going to figure out what that is

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Melihat Sesuatu dari Sudut Pandang Berbeda

22 Maret 2023   07:00 Diperbarui: 22 Maret 2023   07:14 363
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Dalam kehidupan, seringkali kita menemukan apa yang kita sukai dan sebaliknya. Hal tersebut adalah hal yang wajar, namun yang tidak wajar adalah ketika kamu menemukan hal yang tidak kamu sukai, namun bergerak meninggalkan hal tersebut. Padahal, hal yang berbeda justru akan mendorong kamu menjadi pribadi yang semakin berkembang. Perlu dipahami bahwa perubahan adalah hal yang terus terjadi karena kita hidup di dunia yang sifatnya dinamis. Maka, perubahan dan masalah yang terus datang justru merupakan peluang yang patut kita manfaatkan sebaik mungkin.

Pembelajaran tersebut merupakan materi orientasi yang saya lalui di Ruang 412 pada Selasa, 21 Maret kemarin. Materi bertemakan transformasi digital membuat kami menyadari bahwa dunia terus berubah, namun harapan selalu ada. Bagaimana menciptakan harapan itu? Tentu saja, harapan hadir dari landasan pemikiran radikal yang kita miliki, sehingga kita dapat melihat sesuatu yang tidak dilihat oleh orang lain.

Namun, sebelum itu mari kita kenalan dengan Ruang 412 terlebih dahulu. Ruang 412 sendiri merupakan bagian dari Semesta Group yang berfokus pada inkubator bisnis yang terus bergerak membantu perkembangan bisnis dan UMKM. Membantu bisnis di tengah transformasi yang ada tentu memerlukan adanya strategi identifikasi masalah dan penyusunan strategi dari penyelesaian masalah itu sendiri. 

Maka dari itu, adanya landasan radikal yang telah kita miliki akan mendorong kita dalam melaksanakan tahapan  business assessment terhadap suatu brand secara luas, dimana kita melihat perkembangan brand melalui riset. Nah, dari riset yang telah kita lakukan, kita dapat menemukan titik permasalahan dari perkembangan brand tersebut dan mencari arah jalan keluarnya. Namun, perlu disadari bahwa semua bisa menjadi jawaban, namun tidak menjadi jalan keluar. Maka, perlu adanya tahap pembentukkan dimulai dari awareness, interest/desire, consideration, action, dan akhirnya menuju ke tahap loyal. 

Oleh karena itu, dalam hal ini setiap insan kreatif harus dilatih untuk berpikir dari sudut pandang berbeda. Kita harus bisa melihat tren-tren industri yang ada serta aktif berkolaborasi sehingga menciptakan pola pikir baru yang mendorong kita menciptakan sesuatu yang menghasilkan experience dan pengalaman.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun