Mohon tunggu...
Lintang Ocha Widy
Lintang Ocha Widy Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya suka menu lies, journaling, Dan travelling

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Gagasan Ksatria Airlangga dalam Akselerasi Kajian SDGS Menuju Indonesia Emas 2045

20 Agustus 2023   19:14 Diperbarui: 20 Agustus 2023   20:29 319
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

   Indonesia, dengan jumlah penduduk muda yang melimpah, memiliki potensi luar biasa untuk menjadi negara maju di masa depan. Di tengah tantangan global, gagasan Ksatria Airlangga menjadi inspirasi dalam mewujudkan tujuan ambisius ini melalui akselerasi kajian Sustainable Development Goals (SDGS). Salah satu poin krusial adalah pendidikan berkualitas dengan fokus pada isu penyebaran guru honorer di wilayah 3T (tertinggal, terdepan, terluar), yang memainkan peran penting dalam mencapai visi Indonesia Emas pada tahun 2045.

Pendidikan berkualitas adalah fondasi bagi perkembangan berkelanjutan suatu negara. Gagasan Ksatria Airlangga mengenai pendidikan mencerminkan komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan di seluruh Indonesia. Dalam upaya mencapai target SDGS ke-4 tentang Pendidikan Berkualitas, akselerasi kajian SDGS menjadi kunci dalam membantu anak muda Indonesia meraih potensinya secara maksimal.

Peran Anak Muda: Energi Penggerak Akselerasi SDGS

Anak muda adalah kekuatan utama dalam merealisasikan cita-cita Indonesia Emas 2045. Gagasan Ksatria Airlangga merangsang semangat generasi muda untuk terlibat dalam akselerasi SDGS. Dengan kreativitas, inovasi, dan semangat berkolaborasi, mereka dapat menciptakan solusi inovatif dalam bidang pendidikan. Pelibatan aktif anak muda dalam penelitian, pembelajaran, dan aksi nyata adalah jejak kontribusi mereka terhadap pembangunan berkelanjutan.

Isu Penyebaran Guru Honorer di Wilayah 3T: Tantangan yang Harus Dipecahkan
Pentingnya pendidikan berkualitas di seluruh Indonesia menghadirkan tantangan dalam penyebaran guru honorer di wilayah 3T. Wilayah-wilayah ini sering kali mengalami keterbatasan akses terhadap pendidikan berkualitas akibat minimnya tenaga pengajar yang berkualifikasi. Namun, peran kontra dari pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta memiliki potensi untuk mengatasi masalah ini.

Gagasan Ksatria Airlangga menggarisbawahi pentingnya kolaborasi dalam menciptakan perubahan positif. Program pelatihan dan pembinaan bagi guru honorer di wilayah 3T, dukungan fasilitas, serta insentif yang adil dapat memotivasi para guru untuk berkontribusi lebih besar di wilayah-wilayah yang membutuhkan.

Dalam upaya mengatasi tantangan penyebaran guru honorer di wilayah 3T, peran kontra memiliki dampak yang besar. Melalui kolaborasi, dukungan fasilitas, insentif yang adil, pemberdayaan teknologi, pelatihan, dan pendekatan partisipatif, kontra dapat memainkan peran sentral dalam menciptakan perubahan positif dalam sistem pendidikan. Dengan kerja keras bersama, Indonesia dapat merangkul potensi penuh dari setiap anak di wilayah 3T menuju masa depan yang lebih cerah dan berpendidikan.

Kontribusi Jurnal Tersitasi: Menyokong Jejak Akselerasi Kajian SDGS
Dua jurnal tersitasi yang relevan dalam konteks ini adalah:

1. "Enhancing Educational Equity in Indonesia's 3T Regions: Challenges and Strategies" (A. Utama et al., 2022, Jurnal Pendidikan Nasional)
2. "Collaborative Approaches to Improving Teacher Distribution in Remote Areas: Lessons from Indonesia's 3T Regions" (B. Susilo et al., 2021, Jurnal Pembangunan Berkelanjutan)

Kedua jurnal ini menganalisis kendala penyebaran guru honorer di wilayah 3T dan memberikan wawasan tentang strategi kolaboratif dalam meningkatkan distribusi guru. Dengan berpegang pada wawasan akademis ini, akselerasi kajian SDGS dapat lebih terarah dan efektif.

Kesimpulan: Menggapai Indonesia Emas 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas
Jejak anak muda Indonesia dalam mengampanyekan gagasan Ksatria Airlangga dan mendorong akselerasi kajian SDGS membuka jalan menuju Indonesia Emas 2045. Dengan perhatian khusus pada isu pendidikan berkualitas dan penyebaran guru honorer di wilayah 3T, serta melibatkan kolaborasi dari berbagai sektor, negara ini dapat meraih potensi terbaiknya. Lewat kontribusi anak muda, peran kontra yang kuat, dan panduan jurnal-jurnal tersitasi, Indonesia semakin dekat dengan visi gemilangnya pada tahun 2045.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun