Mohon tunggu...
Widiyaningrum
Widiyaningrum Mohon Tunggu... Guru - Guru

Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Optimalisasi Pemasaran Online Produk Kerajinan pada Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan

6 Desember 2022   15:50 Diperbarui: 6 Desember 2022   16:06 126
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

OPTIMALISASI PEMASARAN ONLINE PRODUK KERAJINAN
PADA PEMBELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN
DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 BANTARBOLANG
KABUPATEN PEMALANG

1. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pemasaran
Online pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan,

  • Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
  • Konsultasi dengan mentor terkait kegiatan pemasaran online pada pembelajaran
  • Konsultasi dengan Kepala Sekolah terkait kegiatan pemasaran online pada pembelajaran.
  • Melaksanakan kegiatan revisi RPP berdasararkan hasil konsultasi.


2. Menyusun tutorial audio visual Pemasaran Online

  • Mencari referensi tentang pemasaran online.
  • Membuat storyboard tutorial audio visual Pemasaran Online.
  • Mengkonsultasikan storyboard dengan mentor.
  • Membuat tutorial audio visual Pemasaran Online.


3. Mengkoordinasikan dengan teman sejawat terkait tutorial audio
visual Pemasaran Online

  • Mengkonsultasikan  dengan mentor terkait teknis koordinasi.
  • Mengkoordinasikan kepada teman sejawat terkait tutorial audio visual Pemasaran Online.
  • Mengevaluasi kegiatan koordinasi dengan teman sejawat terkait tutorial audio visual Pemasaran Online.


4. Melaksanakan sosialisasi Pemasaran Online kepada peserta didik,

  • Melakukan konsultasi teknis sosialisasi dengan mentor.
  • Menyiapkan sarana dan prasarana.
  • Melaksanakan sosialisasi.

5. Mempraktikan kegiatan Pemasaran Online pada pembelajaran,

  • Melaksanakan persiapan proses pembelajaran.
  • Melaksanakan kegiatan pembelajaran.
  • Melaksanakan evaluasi pembelajaran dengan mentor.


6. Meminta respon kegiatan Pemasaran Online.

  • Menyusun draft pedoman wawancara dan kisi-kisi angket.
  • Konsultasi dengan mentor terkait  pedoman wawancara dan kisi-kisi angket.
  • Melaksanakan pengisian angket dan wawancara.
  • Mengolah data angket.
  • Kegiatan aktualisasi-habituasi yang berjalan selama kurang lebihnya 30 hari di unit kerja merupakan kegiatan yang berasal dari rancangan kegiatan untuk menyelesaikan isu yang telah dirumuskan melalui analisa APKL dan analisa USG. Isu yang diangkat yaitu “Belum optimalnya pemasaran online produk kerajinan pada pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di SMA Negeri 1 Bantarbolang” sehingga diperlukan “Optimalisasi Pemasaran Online Produk Kerajinan Pada Pembelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Bantarbolang”

Kegiatan aktualisasi telah terlaksana dengan baik pada tanggal 4 Oktober s.d. 8 November 2019. Dalam pelaksanaannya terdapat beberapa kendala tetapi melalui kerjasama dengan berbagai pihak kendala tersebut dapat diatasi. Hasil dari setiap kegiatan sebagai berikut.

  • Tersusunnya RPP yang mendukung pemasaran online dalam kegiatan pembelajaran.
  • Tersusunnya tutorial audio visual Pemasaran Online
  • Tersampaikannya tutorial audio visual Pemasaran Online kepada teman sejawat
  • Terlaksananya sosialisasi Pemasaran Online kepada peserta didik
  • Terlaksananya kegiatan Pemasaran Online pada pebelajaran.
  • Tersusunnya respon siswa terhadap pelaksanaan Pemasaran Online pada pembelajaran.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun