Mohon tunggu...
Widi Kurniawan
Widi Kurniawan Mohon Tunggu... Human Resources - Pegawai

Pengguna angkutan umum yang baik dan benar | Best in Citizen Journalism Kompasiana Award 2022

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Mereka yang Selalu Sigap Membantu Penumpang Disabilitas di KRL Commuter Line

14 Agustus 2023   16:59 Diperbarui: 15 Agustus 2023   10:55 705
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Selalu sigap membantu penumpang yang membutuhkan (foto by widikurniawan)

Malam itu orang-orang yang tengah pulang dari mencari nafkah terlihat berjalan menyusuri Terowongan Kendal di Dukuh Atas, Jakarta Pusat. Banyak di antaranya adalah para penumpang MRT Jakarta yang akan berpindah moda KRL Commuter Line di Stasiun Sudirman.

Tiba-tiba pandangan mata saya tertuju pada dua orang lelaki yang berjalan beberapa meter di depan saya. Seorang penyandang disabilitas netra tengah dipandu seorang petugas security menuju ke arah Stasiun Sudirman.

Menilik seragam dan arahnya, sepertinya security tersebut bertugas di area Stasiun MRT Jakarta. Ia rela memandu lelaki tersebut hingga halaman Stasiun KRL Sudirman.

Sebuah tindakan yang sebenarnya tak wajib ia lakukan, mengingat menuju stasiun KRL sudah di luar area kerjanya. Tetapi petugas itu tampak tulus melakukannya.

Hebatnya lagi, begitu sampai di area Stasiun Sudirman, petugas security lainnya di Stasiun Sudirman langsung menyambut lelaki tersebut dan bergantian memandu menuju gate elektronik. Selepas membantu tap kartu elektronik, juga sudah ada petugas lainnya yang akan mengantarkannya sampai dengan masuk ke dalam KRL dan mendapatkan tempat duduk.

Pemandangan seperti itu sebenarnya bukan hal asing lagi di moda transportasi KRL Commuter Line. Khususnya bagi yang setiap hari naik KRL. Setiap pagi di Stasiun Bojonggede, akan banyak ditemui para penyandang disabilitas netra yang hendak berangkat mencari nafkah bersama-sama.

Demikian pula saat transit di Stasiun Manggarai, banyak di antara mereka yang tiap hari selalu mendapat uluran tangan para petugas security yang sudah hafal dengan keberadaan mereka.

Dengan sabar dan hati-hati, para petugas security akan memandu mereka sampai dengan masuk KRL yang tiap jam sibuk memang selalu ramai dan crowded.

Petugas membantu penumpang disabilitas naik ke dalam KRL yang padat penumpang (foto by widikurniawan)
Petugas membantu penumpang disabilitas naik ke dalam KRL yang padat penumpang (foto by widikurniawan)

Para penumpang lain pun sejauh ini selalu menghormati mereka para penumpang penyandang disabilitas. Sepadat apapun kondisi KRL, ketika ada penyandang disabilitas yang dibantu oleh petugas security, mereka akan ikut membantu mencarikan tempat duduk.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun