Mohon tunggu...
Widi Kurniawan
Widi Kurniawan Mohon Tunggu... Human Resources - Pegawai

Pengguna angkutan umum yang baik dan benar | Best in Citizen Journalism Kompasiana Award 2022

Selanjutnya

Tutup

Segar Artikel Utama

Rahasia Bugar Saat Ramadan dengan Sereh, Jahe, Lemon Plus Madu

28 April 2020   04:35 Diperbarui: 28 April 2020   05:52 1296
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Jahe, sereh, lemon dan madu, 'empon-empon' andalan jaga imunitas | Foto: widikurniawan

Bermula kurang lebih setahun yang lalu, istri saya kerap mengeluhkan sering tidak enak badan. Kemudian juga haidnya tidak lancar, disertai nyeri teramat sangat ketika hari pertama haid.

Setelah tanya sana dan sini, akhirnya istri saya menemukan solusi herbal berupa meminum rebusan batang sereh, jahe, lemon dan madu. Tak butuh waktu lama untuk mengakui bahwa ramuan tersebut mampu melancarkan haidnya dan membuat tubuh serasa bugar.

"Yah, kamu juga harus minum, biar nggak gampang sakit, enak tidurnya," ucap istri saya waktu itu.

"Dih, aku kan enggak haid?" saya mencoba ngeles.

"Yeee, nggak cuman itu aja khasiatnya, cobain deh jangan ngeyel nih udah aku buatin!"

Entah faktor apa yang membuat saya nurut saja disuruh minum air rebusan itu tiap menjelang tidur malam. Tapi kemudian memang harus saya akui tidur saya bisa lebih nyenyak. Bahkan dengan rutinitas harian yang demikian melelahkan, saya merasa lebih bugar dan jarang merasakan sakit.

Para orang tua dulu menyebut tiap bahan tersebut akan memberi manfaat seperti baik untuk pencernaan, anti oksidan, menyegarkan nafas, meningkatkan imunitas dan sebagainya. 

Maka ketika dunia mulai menghadapi pandemi virus corona, empon-empon yang termasuk jahe dan sereh ini pun ikut disebut-sebut sebagai bahan yang berkhasiat untuk meningkatkan imunitas tubuh.

"Nah, untung kita udah biasa minum rebusan jahe dan sereh," cetus istri saya.

So, tidak mengherankan jika dalam sebulan ini, daftar belanjaan kami selalu saja terselip jahe, sereh dan lemon dalam jumlah yang cukup. Untungnya bahan-bahan tersebut selalu tersedia di warung sayur langganan kami. 

Bagaimanapun, bahan-bahan itu sudah kadung kami percayai sebagai 'persenjataan' yang mumpuni agar tidak gampang jatuh sakit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Segar Selengkapnya
Lihat Segar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun