Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi di Indonesia telah mewajibkan setiap perguruan tinggi untuk melaksanakan KKN sebagai kegiatan intrakurikuler yang memadukan tri dharma perguruan tinggi yaitu: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Maka dari itu Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya menyelenggarakan kegiatan KKN dengan tema "Penguatan Ikon Kampung Wisata Pada program kerja yang dilakukan oleh salah satu mahasiswa UNTAG Surabaya, Widianto  mahasiswa jurusan Teknik Mesin melaksanakan kegiatan KKN selama 12 hari di RW 2 Medokan Semampir Surabaya, dengan didampingi oleh Ibu Mirza Fathima Jauhar Kamalia, S.hum., M.hum selaku dosen pembimbing lapangan UNTAG Surabaya.
Program yang dilakukan adalah membantu mengembangkan UMKM dalam Pengembangan digital marketing, diantaranya permasalahan UMKM seperti kurangnya logo, menata dalam pemasaran produk di media sosial, dan kurangnya profil  website UMKM yang ada di RW 2 Medokan Semampir Surabaya.
Tujuan dari kegiatan ini yakni untuk membantu mitra dalam mengembangkan dan memperluas jangkauan pejualan di era digital dan teknologi seperti saat ini. Dengan harapkan para mitra UMKM RW 2 Medokan Semampir Surabaya bisa bersaing lebih maju.Pada program kerja yang dilakukan oleh salah satu mahasiswa UNTAG Surabaya, Widianto mahasiswa jurusan Teknik Mesin melaksanakan kegiatan KKN selama 12 hari di RW 2 Medokan Semampir Surabaya, dengan didampingi oleh Ibu Mirza Fathima Jauhar Kamalia, S.hum., M.hum selaku dosen pembimbing lapangan UNTAG Surabaya.
Program yang dilakukan adalah membantu mengembangkan UMKM dalam Pengembangan digital marketing, diantaranya permasalahan UMKM seperti kurangnya logo, menata dalam pemasaran produk di media sosial, dan kurangnya profil  website UMKM yang ada di RW 2 Medokan Semampir Surabaya.
Tujuan dari kegiatan ini yakni untuk membantu mitra dalam mengembangkan dan memperluas jangkauan pejualan di era digital dan teknologi seperti saat ini. Dengan harapkan para mitra UMKM RW 2 Medokan Semampir Surabaya bisa bersaing lebih maju.
Melalui program kerja yang telah dilakukan oleh Widianto selama 12 hari mulai dari tanggal 12 November hingga 18 Desember di RW 2 Medokan Semampir Surabaya.
Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi, melalui media social seperti Instagram, Facebook dan website. Produk yang dijual akan menjadi lebih dikenal oleh masyarakat. Selain itu, dengan semakin dikenalnya produk, maka penjualan akan lebih meningkat dan juga usaha semakin berkembang.Website link profil UMKM RW 2 Medokan Semampir https://medokansemampirrw02.github.io/profill
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H