Mohon tunggu...
Widia Siti Rohmah
Widia Siti Rohmah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya hidup bukan untuk membuat anda terkesan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Teknologi Informasi dalam Dunia Bisnis

17 November 2022   13:00 Diperbarui: 17 November 2022   13:01 262
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

1. Prediksi Teknologi Masa Depan

Munculnya berbagai pekerjaan baru

Tuntutan atas keterampilan baru

Bekerja dengan robot

Tren terkait teknologi masa depan

Tata kelola global

Komunikasi bebas hambatan

Gelaran 5G

Sistem transportasi cerdas

Adanya ekonomi simbiotik

Augmented creativity

2.Saluran komunikasi

Proses komunikasi selalu dihasilkan oleh inisiatif seseorang yang ingin mengirim pesan ke orang lain atau sekelompok orang. Orang yang memulai komunikasi ini disebut Communicator dalam proses komunikasi, ada beberapa opsi saluran komunikasi: kabel (telepon, TV kabel, internet), gelombang elektronik (ponsel, televisi, radio), cetakan (koran, surat, majalah, buku). saluran komunikasi yang biasa digunakan adalah melalui panca indera manusia Dalam komunikasi lisan, indera yang paling sering digunakan untuk menerima pesan adalah penglihatan dan pendengaran kita 

Menurut id.wikipedia Interferensi adalah interaksi antar gelombang di dalam suatu daerah. Ada dua jenis interferensi: interferensi eksternal dan interferensi internal. Gangguan eksternal adalah berbagai gangguan dari luar komunikator, Gangguan ini dapat terjadi dalam bentuk kebisingan, suhu panas, hal-hal lain yang lebih menarik bagi masyarakat, bau tidak sedap, udara yang sangat dingin dll. Tetapi level ini masih bisa di toleransi.

Namun, gangguan yang paling sulit dikendalikan adalah gangguan internal. Gangguan ini bermula dari faktor psikologis. Misalnya, ketakutan, kekecewaan, kecemasan, gugup atau turbulensi lainnya 

Aspek selanjutnya dari proses komunikasi adalah umpan balik. Umpan balik adalah informasi yang disediakan komunikator kepada komunikan, Dalam komunikasi verbal, umpan balik dapat berupa kata-kata. Namun, pesan non bahasa muncul lebih sering. Misalnya, komunikasi tersenyum yang menunjukkan bahwa Anda bahagia, anggukan sebagai indikasi persetujuan atau kecemasan bahwa Anda bosan.

4. Media 

   Media adalah alat yang menciptakan kondisi bagi orang untuk mendapatkan materi, pengetahuan, keterampilan, dan sikap. 

Fungsi media adalah sebagai berikut. 

1. Promosikan pengiriman pesan

2. Pengiriman pesan yang efektif

3. Memperjelas maksud dan tujuan penyampaian pesan

4. Sebagai alat untuk membangkitkan motivasi ketika mendengarkan informasi

Pro dan kontra media.

Media suara  

Keuntungan: 

1. Akuisisi murah dan mudah 

2. Jangkauan luas 

3. Bentuk sederhana 

4. Mudah digunakan 

5. Pesan dapat dikirim langsung 

6. Dapat mengembangkan imajinasi 

7. Perekam kaset mudah digunakan. 

Kelemahan: 

1. Sering terjadi gangguan 

2. Biaya pemasangan relatif mahal 

3. Tidak menjelaskan item 

4. Presentasi tunduk 

pada jadwal 

5. Kecepatan pengiriman informasi tidak dapat diubah

Media visual 

Keuntungan:  

1. biaya rendah 

2. Klarifikasi masalahnya 

3. Dapat menimbulkan inspirasi dan imajinasi. 

4. Dapat menghasilkan ide 

5. Alat dan perawatannya mudah

Kelemahan: 

1. Menyebabkan kebosanan 

2. Visual saja 

3. Jangan bergerak 

4. Amati batasan pemirsa 

5. Melampirkan Senior

Keuntungan Media Penyimpanan Data Elektronik.

Karena manusia membutuhkan cara praktis berkapasitas tinggi dan kinerja tinggi, media penyimpanan data dibuat dengan kapasitas lebih besar dan dimensi yang lebih kecil Sangat berguna untuk aktivitas pribadi dan organisasi.

Manfaat media penyimpanan data untuk individu dan bisnis meliputi:

* Memfasilitasi transfer data antara komputer yang tidak disediakan oleh jaringan 

* Disk daging yang relatif kecil dan mudah dibawa kemana saja di saku Anda jika Anda perlu memindahkan data besar kapan saja.

Penerapan CD-ROM dalam bisnis 

Awalnya, pengguna CD-ROM berfokus pada informasi komersial, seperti penerbit, produsen perangkat lunak dan perangkat keras, pengguna pemerintah, bank dan organisasi layanan lainnya. CD_ROM diperlukan karena periode penyimpanan sangat panjang, relatif singkat dan ekonomis.

Aplikasi CD-ROM dan DVD-ROM 

Dalam Bisnis Dalam dunia bisnis, munculnya CD-ROM di pasar akan dapat membuat kegiatan bisnis menjadi lebih produktif, lebih menarik, dan lebih efisien karena beberapa alasan berikut:

Kemampuan CD-ROM dalam menyimpan informasi dalam jumlah besar. 

Tingkat keluwesan CD-ROM dalam mendapatkan informasi. 

CD-ROM secara ekonomis lebih murah daripada floppy disk. 

Dengan menggabungkan multimedia, CD-ROM telah memainkan peranan yang penting dalam proyek-proyek pelatihan. 

Munculnya teknologi CD-ROM di pasar telah memotivasi produsen software dan hardware untuk mengembangkan dan meningkatkan produk sesuai dengan kebutuhan konsumen. 

Multimedia pelatihan dalam format CD-ROM akan lebih mudah, lebih murah dan lebih luwes disesuaikan waktunya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun