Pengertian Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran adalah suatu proses merencanakan, menganalisis, mengawasi, mengendalikan, dan melaksanakan kegiatan pemasaran dalam suatu organisasi atau perusahaan agar target dan tujuan dapat tercapai dengan lebih efektif dan efisien.
Tugas Manajemen Pemasaran
- Mengembangkan strategi pemasaran
- Menciptakan merk yang kuat
- Menciptakan pertumbuhan untuk jangka Panjang
- Membangun hubungan yang baik dengan konsumen
- Membangun komunikasi dan menghantarkan nilai
Konsep Pemasaran
- Permintaan, Kebutuhan dan Keinginan konsumen
- Produk (barang, jasa, ide atau gagasan) merupakan sesuatu yang dapat ditawarkan kepada konsumen untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan mereka.
- Pertukaran dan Transaksi
- Hubungan dan Jaringan
- Pasar
- Pemasar dan Calon pembeli
Bauran PemasaranÂ
Menurut Kotler bauran pemasaran yaitu seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran di dalam pasar sasaran.
Terdapat empat unsur bauran pemasaran yang dipopulerkan oleh Mc Carthy (Kotler)Â yang dikenal dengan empat P, yaitu:
- Product (produk) Yaitu merupakan suatu barang, jasa, atau gagasan yang ditawarkan perusahaan atau organisasi kepada masyarakat atau pasar sasaran. Seperti : berbagai macam produk, kualitas, desain, nama merk, garansi, pelayanan, dll.
- Price (harga) Merupakan jumlah uang yang harus dikeluarkan dan dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk yang dipasarkan oleh suatu perusahaan. Price mencakup daftar harga, diskon, potongan harga, periode pembayaran, syarat kredit, dll.
- Promotion (promosi) Merupakan sebuah aktivitas menawarkan, menyampaikan manfaat serta kelebihan suatu produk untuk menarik hati konsumen agar membeli produk yang ditawarkan. Seperti : periklanan, promosi penjualan, face to face, dll.
- Place (tempat atau lokasi) Merupakan tempat atau lokasi untuk melakukan semua kegiatan yang terjadi di dalam perusahaan mulai dari tempat untuk membuat suatu produk hingga memasarkan produk yang duihasilkan oleh perusahaan atau organisasi terseut. Place mencakup: pesediaan, lokasi, pengelompokan, cakupan pemasaran, dll.
Beri Komentar
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!