Mohon tunggu...
Widia Kurniati
Widia Kurniati Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

semangat teruss

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Teori perkembangan sosial-kognitif

18 Januari 2025   18:04 Diperbarui: 18 Januari 2025   17:06 19
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Teori perkembangan sosial-kognitif dari Lev Vygotsky dan Jean Piaget adalah dua pendekatan utama dalam memahami bagaimana individu belajar dan berkembang secara kognitif melalui interaksi sosial. Berikut perbandingan utama kedua teori tersebut:

---

Teori Lev Vygotsky: Sosial-Konstruktivisme

1. Prinsip Utama:

Perkembangan kognitif terjadi melalui interaksi sosial dan budaya.

Bahasa adalah alat utama untuk berpikir dan belajar.

Pengetahuan dibangun melalui kolaborasi dengan orang lain (misalnya guru, teman sebaya, atau orang tua).

2. Konsep Utama:

Zona Proksimal Perkembangan (ZPD): Ada jarak antara apa yang bisa dilakukan anak secara mandiri dan apa yang bisa dilakukan dengan bimbingan atau bantuan orang yang lebih kompeten.

Scaffolding: Dukungan yang diberikan oleh orang dewasa atau teman sebaya selama proses belajar, yang secara bertahap dikurangi ketika anak menjadi lebih mandiri.

Peran Budaya: Nilai, kebiasaan, dan alat budaya membentuk cara seseorang berpikir dan belajar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun