Perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat kecepatan dalam mengonsumsi informasi di media pun sangat cepat. Hadirnya Teknologi memungkinkan cara-cara baru untuk berinteraksi dengan media. Saking cepatnya, sepertinya sulit untuk menebak apa yang akan terjadi dalam satu tahun atau bahkan enam bulan mendatang.Â
Tentu saja hal ini tak lepas dari peran Media digital, secara definisi media digital adalah format konten yang dapat diakses oleh perangkat-perangkat digital. Media digital ini bisa berupa website, media sosial, gambar dan video digital, audio digital dan lain-lain. Melalui media digital seseorang bisa dengan mudah mengakses segala macam jenis informasi, baik itu tentang ekonomi, politik, sosial, olahraga, kuliner, industri fashion dan lain-lain.Â
Pada umumnya orang-orang yang lebih tua lebih banyak menggunakan media tradisional, sementara generasi milenial yang usianya di bawah 40 lebih memilih memakai media digital.Â
Kedepannya ketika para genarasi milenial menjadi konsumen media mayoritas, maka seluruh channel tradisional akan tergantikan dengan saluran digital.Â
Berdasarkan data Maret 2018 dari eMarketer, belanja iklan digital pada tahun 2018 mencapai 43,5% dari keseluruhan belanja. Tetapi belanja iklan digital ini akan mengalahkan media tradisional pada tahun 2021, yaitu sebesar 52,1%. Kondisi ini akan membuat para pembuat konten mempopulerkan konten mereka melalui saluran media digital. Munculnya teknologi-teknologi baru akan mengubah sarana untuk menyalurkan kreativitas. Industri fashion di Indonesia tentu saja terkena dampak dari berkembangnya dunia digital.
Berbicara tentang perkembangan tren fashion di Indonesia, tidak lepas dari pengaruh budaya luar yang masuk ikut mewarnai perkembangan tren fashion di Indonesia. Korea Selatan adalah salah satu negara yang ikut andil terhadap perkembangan fashion di tanah air.Â
Tidak bisa kita mungkiri Korea Selatan memang kaya akan budayanya yang unik dan beragam. Budaya-budaya Korea tersebut berkembang pesat dan meluas secara global.Â
Fenomena ini dikenal dengan sebutan "Korean Wave". Perkembangan teknologi informasi yang masif jadi salah satu faktor kenapa Korean wave ini begitu cepat mendapatkan atensi publik.Â
Di Indonesia sendiri, dampak Korean Wave tersebut banyak dijumpai terutama di kalangan generasi milenial. Industri fashion Korea berhasil memikat hati para masyarakat Indonesia, terbukti dari banyaknya masyarakat Indonesia yang mengikuti gaya berpakaian idol-idol Korea saat tampil di publik.(Sari, 2015)